Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara vakum AC yang benar

 


Juraganacee - Jika kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam sebuah pemasanga AC  salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat vakum AC.

Bagi sobat semua tentu tidak asing lagi dengan alat ini, salah satu peralatan yang harus di miliki oleh teknisi pendingin, lalu bagaimana cara menggunakan alat ini?

Nah..pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membangun AC yang benar, karena cara ini memerlukan teori yang harus di kuasai oleh kita sebagai teknisi pendingin.

Bagi sobat yang sudah menguasai cara-cara ini mungkin tidak lagi membutuhkan teori ini tetapi bagi sobat-sobat pemula akan sangat berguna untuk dapat menghasilkan hampa udara dalam sistem pemasangan ac yang benar dan sukses.

Untuk itu silahkan di simak penjelasan saya berikut ini agar kita  semua mengerti dan tidak salah dalam prakteknya nanti dilapangan dalam pemasangan ac.

Cara vakum AC yang benar

Untuk menghasilkan pemvakuman yang maksimal gunakanlah vakum yang bagus dan memenuhi syarat untuk mendapatkan hampa udara dalam ukuran sampai beberapa mikron, dan ini hanya bisa di dapatkan dengan menggunakan alat vakum yang baik.

Langkah-langkah dalam proses vakum AC adalah sebagai berikut :
  • Setelah kita selesai memasang indoor dan outdoor unit dan konek dengan pipa AC jangan lupa untuk mengencangkan maple pada indoor dan outdoor unit.
  • Pasang manipol selang warna biru pada pentil pengisian pada outdoor.
  • Kemudian pasang manipol selang warna kuning pada pompa vakum, sedangkan yang warna merah bisa di biarkan saja dan tutup kran pada high press.
  • Hidupkan pompa vakum dan buka kran manipol pada low press.
  • Tunggulah beberapa menit untuk proses vakum ini untuk instalasi pipa yang tidak terlalu panjang bisa memakan waktu sekitar 5 sampai 10 menit.
  • Perhatikanlah jarum manipol pada low press jika sudah menunjukan di angaka-30psig tutup kran manipol.
  • Matikan pompa vakum dan tunggu lah sekitar 15 menit.
  • Perhatikan jarum manipol jika turun dari posisi -30psig dapat di pastikan instalasi pipa ada kebocoran.
  • Tetapi jika jarum tetap berada pada -30psig berarti instalasi dalam keadaan baik dan tidak ada kebocoran.
  • Sampai disini proses vakum AC selesai 
Bagi sobat yang sudah terbiasa dengan proses ini biasanya sudah hafal dengan suara vakum yang terdengar di telinga kita,karena jika ada kebocoran pipa suara vakum terdengar lebih keras sedang kan jika tidak ada kebocoran terdengar lebih halus.

Untuk alat vakum bisa menggunakan ukuran yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan, jika kapasitas AC besar gunakanlah pompa vakum yang lebih besar karena jika menggunakan pompa vakum yang kecil maka waktu yang di butuhkan akan semakin lama untuk menghasilkan hampa udara yang baik pada sistem.

Demikianlah cara vakum AC yang benar semoga postingan ini bermanfaat dan berguna bagi teman-teman semua.

Salam persahabatan.


Posting Komentar untuk "Cara vakum AC yang benar"