Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa pemasangan ac R32 dan R410a harus di vakum

 


Juraganacee.com - Dalam pemasangan ac yang menggunakan freon R 32 dan R 410a mengapa harus di vakum?

Bukan tanpa alasan jika dalam pemasangan ac terutama yang menggunakan freon R 32 maupun R140a harus di vakum.

Tidak seperti AC yang menggunakan freon R 22 yang dalam pemasangannya tidak harus di vakum. Type AC yang menggunakan freon R 22 ini, cukup di jos saja untuk membuang udara di dalam pipa sudah cukup dan bisa bertahan lama.

Sedang kan AC yang menggunakan R32 dan R410a tidak demikian. Keduanya wajib dan harus di vakum untuk membuang semua kotoran dan uap air di dalam sistem.

Untuk ukuran pipa nya pun harus memenuhi syarat pemasangan yaitu ketebalannya harus diatas 0,6mm keatas.

Hal itu untuk mencegah terjadinya kebocoran pada pipa AC, karena tekanan kerja dari AC ini lebih tinggi sehingga memerlukan ketebalan yang cukup dalam pemasangannya.

Mengapa pemasangan ac R32 dan R410a harus di vakum

Ok...sekarang kita ke topik permasalahan tentang mengapa pemasangan ac R32 dan R410a harus di vakum.

Alasan yang utama adalah karena dalam sistem AC yang menggunakan kedua freon ini harus benar-benar bersih dari kotoran,debu dan uap air dalam sistem, dan harus hampa udara sampai di tekanan -30inHG.

Jika syarat tersebut tidak terpenuhi maka pendinginan AC tidak akan berjalan dengan baik dan biasannya AC tidak akan bisa bertahan lama.

Dalam banyak kasus saya sering menemukan adanya masalah setelah beberapa bulan setelah pemasangan ac terjadi masalah yang di sebabkan oleh uap air yang tertinggal sehingga pendinginan AC kurang maksimal.

Untuk itulah mengapa pemasangan ac jenis freon R32 dan R410a  harus di vakum, jika sudah terlanjur tidak di vakum dan terjadi masalah setelah pemasangan maka kita harus instalasi ulang dengan cara membuang semua freon dan isi ulang kembali dengan pemvakuman terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah yang sama.

Untuk ukuran dan jenis pompa vakum yang di gunakan bisa di sesuaikan dengan besarnya kapasitas AC yang di pasang, untuk AC berkapasitas kecil sobat bisa menggunakan pompa vakum ukuran kecil dan jika berkapasitas besar sobat semua bisa menggunakan yang berukuran lebih besar yaitu ukuran 3/4pk atau 1pk.

Perbedaan ukuran pompa vakum ini tidak masalah hanya saja jika sobat menggunakan yang berukuran kecil akan memakan waktu lebih lama dibandingkan jika sobat menggunakan yang berkapasitas besar.

Seperti misalnya jika kita akan memvakum AC model VRV jika menggunakan ukuran 1/2pk akan memakan waktu lama untuk mencapai tekanan sampai -30inHG , idealnya kita harus menggunakan ukuran 1pk agar lebih cepat untuk mencapai di tekanan -30inHG.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah bahwa jika kita memasang unit AC dengan freon R32 maupun R410a wajib dan harus di vakum dan tidak ada tawar menawar tentang hal ini.

Ok..gues..!

Demikian postingan saya kali ini semoga informasi bermanfaat bagi sobat-sobat semua terutama bagi kalian yang masih pemula dan belum berpengalaman dalam pemasangan ac jenis R 32 dan R 410a.

Salam dingin selalu. 

2 komentar untuk "Mengapa pemasangan ac R32 dan R410a harus di vakum"

  1. mau tanya admin, apakah ac yg sblmnya tidak di vakum teknisi dan kondisinya kurang dingin bisa di vakum ulang?

    BalasHapus