Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi thermistor pada ac

 

Juraganacee - Halo sobatku semua? Gimana nih kabarnya?  Semoga kalian semua dalam keadaan sehat ya...!

Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang fungsi thermistor pada ac. 

Bagi rekan-rekan teknisi mungkin tidak asing lagi tentang komponen ini, dan bagi rekan-rekan user yang lain mungkin belum faham tentang komponen yang satu ini 

Tidak ada salahnya kita ulas kembali tentang fungsi dan kegunaan thermistor ini.

Ok...langsung saja kita ke topik pembahasan kita kali ini.

Thermistor atau yang sering kita sebut thermis adalah suatu alat yang berfungsi sebagai pengatur suhu pada sebuah mesin pendingin. Dimana komponen ini berada pada evaporator.

Thermis ini menempel di body evaporator yaitu di kisi-kisi evap untuk thermis udara dan menempel di pipa evaporator untuk thermis coilnya.

Di dalam thermis ini terdapat sebuah resistor sebagai pendeteksi perubahan suhu pada evaporator, dan di setiap merk AC nilai tahanan nya tidak sama tergantung kebutuhan dan kapasitas dari AC tersebut.

Cara kerja thermistor

Setelah kita menghidupkan AC dan mengatur suhu pada Remot,AC akan bekerja mendinginkan ruangan, dan setelah ruangan menjadi dingin dan suhu tercapai sesuai dengan pengaturan suhu pada Remot maka thermis akan mengirim sinyal ke PCB modul control untuk memutus arus ke outdoor sehingga outdoor akan mati.

Setelah beberapa menit dan suhu ruangan mulai naik suhunya thermis akan kembali mengirim sinyal kembali untuk menghidupkan outdor kembali.

Kerusakan pada thermis

Perlu sobat ketahui jika thermis mengalami kerusakan maka itu akan mengakibatkan hal-hal sebagai berikut :
  • AC akan mengalami mati hidup sendiri.
  • AC biasanya tidak bisa di Remot.
  • AC menjadi tidak bisa dingin.
  • AC mengeluarkan bunyi blinking.
  • Lampu indikator AC berkedip.

Cara mengatasi nya

Sebelum kita melakukan tindakan perbaikan pada AC kenali dulu penyebab kerusakan yang terjadi, jika gejala nya seperti yang saya sebutkan di atas maka kita bisa melakukan tindakan  perbaikan sesuai kerusakan yang terjadi

Sebagai rujukan di bawah ini akan saya rangkum tindakan apa saja yang harus kita lakukan jika AC mengalami gejala-gejala kerusakan yang mengarah ke rusaknya thermis.
  • Jika AC mengalami mati hidup sendiri cobalah untuk menjauhkan thermis dari evaporator, jika tidak berhasil ganti dengan thermis yang baru.
  • Jika AC tidak bisa di Remot sebaiknya ganti thermis dengan yang baru.
  • Jika AC terdengar bunyi blinking,indikator berkedip dan AC tidak dingin lebih baik ganti thermis dengan yang baru.
Catatan : jika melakukan penggantian  thermis saya sarankan untuk mengganti dengan thermis yang original.
Kondisi yang saya sebutkan di atas merupakan pengalaman yang sering saya temui di lapangan, dan mungkin akan berbeda dengan kejadian yang sobat alami, tetapi ulasan yang saya sebutkan di atas bisa menjadi acuan bagi sobat semua untuk menganalisa kerusakan yang biasanya terjadi dan di sebabkan oleh kerusakan thermis ini.

Semoga ulasan ini bermanfaat dan berguna bagi sobat semua jangan lupa selalu berdoa sebelum kita mengerjakan segala sesuatunya agar kita di beri petunjuk oleh ALLAH S.W.T.

Selamat beraktifitas dan salam dingin selalu.



Posting Komentar untuk "Fungsi thermistor pada ac"