Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis water heter

Juraganacee - Di jaman seperti sekarang ini water heter bukanlah menjadi barang yang mewah, jika di jaman dulu water heter merupakan barang yang tergolong mewah hingga sebagian orang tidak mampu membelinya.

Tetapi seiring berjalanya waktu water heter berubah menjadi barang yang mudah di dapatkan dan harga nya pun sudah terjangkau oleh kalangan menengah kebawah.

Di postingan kali ini saya akan sedikit memberikan informasi bagi sobat semua tentang jenis-jenis water heter yang sering kita jumpai di sekitar kita.

Ada beberapa jenis water heter yang banyak di pakai oleh masyarakat di sekitar kita salah satunya adalah jenis water heter gas,water heter electrik dan water heter tenaga Surya.

Fungsi water heter

Sebelum membahas lebih jauh perlu sobat ketahui bahwa fungsi water heter adalah sebagai alat untuk merubah air dingin menjadi air panas. Air panas hasil olahan water heter ini sering digunakan untuk keperluan mandi,cucian dan lain sebagainya.

Komponen water heter

Secara umum water heter mempunyai beberapa komponen utama dan komponen pendukung lainya diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Tabung penyimpanan air.
  • Heter ( pemanas ).
  • Selenoid.
  • Pemantik api.
  • Pipa tembaga.
  • Termostat.
  • Elemen penyerap panas matahari..
  • Kisi-kisi penyerap panas.
  • Kompor pemanas.
  • Dan komponen pendukung lainnya.
Ok..kita langsung ke topik bahasan kita tentang jenis-jenis water heter yang banyak di gunakan oleh masyarakat di sekitar kita.

Jenis-jenis water heter

  1. Water heter gas.

Jenis water ini menggunakan gas elpiji sebagai bahan pemanasnya dan komponen pendukung nya seperti kompor pemanas,pipa tembaga,batry,selenoid,pematik api,pengatur suhu, water heter jenis inilah yang paling banyak di gunakan oleh masyarakat kita disamping harganya terjangkau, jenis ini memang yang paling familier dengan masyarakat kita. Merk yang terkenal seperti Ariston,Modena,Paloma dan lain-lain.
    
  2. Water heter electric.


Jenis water heter electric ini menggunakan elemen pemanas atau heter sebagai pemanas airnya, komponen pendukungnya seperti elemen pemanas,termostat,penampungan air,selenoid, dan menggunakan listrik 220v, semakin besar kapasitasnya maka elemen pemanasnya juga akan semakin besar, biasanya kapasitas terkecil dari water heter ini menggunakan daya 200watt dan kapasitas diatas itu ada yang menggunakan daya 700watt,1000watt dan seterusnya.

Water heter ini banyak di gunakan di rumah pribadi,kos-kosan,apartemen,perumahan dan lain sebagainya. Merk yang banyak di gunakan seperti Ariston,Modena,Paloma,panasonic dan lain-lain.

   3. Water heter tenaga Surya.



Jenis water heter ini menggunakan tenaga Surya untuk memanaskan airnya dan di bantu menggunakan elemen pemanas untuk mengcover jika panas matahari tidak ada, komponen pendukung yanag ada di water heter jenis ini seperti termostat,elemen pemanas,tabung air,kisi-kisi penyerap panas matahari,filter air.

Jenis ini yang biasa menggunakannya seperti di kos-kosan besar,apartemen,hotel,paviliun dan lain sebagainya, jenis ini merupakan yang paling mahal di banding dengan 2 water heter yang sudah saya sebutkan diatas, harga nya bisa mencapai 15juta ke atas, tetapi dengan harga yang selangit itu sepadan dengan air panas yang di hasilkan, coba bayangkan saja jika di dalam sebuah hotel ada berpuluh- puluh kamar berapa water heter yang harus di gunakan untuk mendapatkan air panas.

Dengan adanya water heter tenaga Surya ini hanya dengan 1 water heter saja sudah bisa mengcover berpuluh-puluh kamar sehingga tidak repot memasang water heter yang berkapasitas kecil pada setiap kamarnya.

Merk yang cukup terkenal untuk water heter jenis ini seperti Wika,handal,solahart. 

Demikian bahasan kita kali ini tentang jenis-jenis water heter semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita bersama sampai jumpa lagi di postingan saya selanjutnya.

Salam persahabatan.



Posting Komentar untuk "Jenis water heter"