Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri overload kompresor AC rusak

 

Juraganacee - Selamat berjumpa kembali di blog juraganacee.com pada tutorial kali ini saya akan memberikan sedikit informasi kepada sobat semua tentang ciri-ciri overload kompresor AC rusak.

Sebelum melangkah lebih lanjut ada baiknya perlu sobat ketahui bahwa overload ini berfungsi sebagai sensor pengaman untuk kompresor jika mengalami suhu yang berlebihan atau overheating.

Cara kerja overload kompresor ac

Cara kerja overload pada kompresor ac dipengaruhi oleh suhu panas pada kompresor AC, sewaktu kompresor AC dalam kondisi dingin plat didalam overload terhubung dan pada waktu suhu panas mulai naik dan mencapai suhu tertentu plat dalam overload akan memuai dan memutus aliran listrik yang menuju ke lilitan kompresor sehingga kompresor akan berhenti bekerja.

Tugas penting overload ini adalah melindungi kompresor dari suhu yang  berlebihan sehingga kompresor tidak sampai mengalami overheating.

Ok..kita lanjut ke pokok bahasan tentang ciri-ciri overload kompresor AC yang sudah rusak.

Ciri-ciri overload kompresor AC rusak

Ciri fisik overload yang sudah rusak biasanya ditandai dengan pecahnya body overload, ini bisa disebabkan karena lamanya pemakaian sehingga menyebabkan body overload mudah pecah.

Ciri-ciri yang lain adalah berkaratnya plat yang ada di dalam overload, hal ini bisa terjadi karena lamanya pemakaian dan biasanya terkena percikan air sewaktu cleaning outdoor AC.

Jika di ukur menggunakan multitester biasanya jarum multitester tidak bergerak atau tidak menunjukan nilai hambatan tertentu.

Kemudian ciri yang lain adalah overload tidak bisa menghubungkan arus ke terminal kompresor. Hal inilah yang sering terjadi pada unit AC yang tidak bisa dingin yang disebabkan oleh terputusnya arus yang menuju kompresor disebabkan oleh overload yang sudah rusak.

Cara mengatasi overload rusak

Untuk mengatasi masalah yang terjadi dan yang disebabkan oleh rusaknya overload ini tidak ada cara lain selain dengan mengganti overload dengan yang baru, karena jika overload rusak komponen ini tidak bisa diperbaiki seandainya bisa pun overload tidak akan bisa bertahan lama maka dari itu jika sobat semua menemui masalah seperti ini saran saya lebih baik mengganti overload dengan yang baru dan sesuai kapasitas kompresornya.

Demikianlah ulasan singkat tentang ciri-ciri overload pada kompresor AC yang rusak, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di postingan saya selanjutnya.

Salam persahabatan.


1 komentar untuk "Ciri-ciri overload kompresor AC rusak"