Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda-tanda kompresor AC rusak

Juraganacee -Tanda-tanda kompresor AC rusak pada unit AC akan kita bahas di postingan kali ini, bagi sobat semua yang sedang mencari informasi tentang tanda-tanda kompresor AC rusak bisa sobat dapatkan disini.

Seperti sobat ketahui kompresor merupakan komponen utama dan sangat vital, tanpa kompresor sebuah mesin pendingin tidak akan bisa dingin, walaupun bukan hanya kompresor saja yang menjadi komponen vital tetapi untuk untuk mendapatkan udara dingin yang maksimal sebuah AC  harus mempunyai komponen kompresor yang baik.

Nah ! Pada postingan ini kita akan membahas tentang tanda-tanda sebuah kompresor sudah mengalami kerusakan.

Sebelum membahas lebih jauh perlu sobat ketahui komponen pendukung dari sebuah kompresor pada AC adalah overload dan kapasitor.

Komponen pendukung ini harus dalam keadaan baik dan bagus karena jika tidak dalam kondisi baik akan menyebabkan kerja kompresor tidak maksimal bahkan bisa membuat AC tidak dingin.

Ok kita langsung ke topik pembahasan tentang tanda-tanda kompresor AC  sudah mulai rusak.

Tanda-tanda kompresor AC  sudah mulai rusak

Tanda kompresor AC rusak  yang pertama adalah :
  • AC tidak dingin.
Ac tidak dingin salah satu penyebabnya adalah rusaknya kompresor pada unit AC, jika kompresor AC sudah mulai menurun tekanannya itu akan menyebabkan menurunnya performa AC dan membuat AC kurang dingin.

Walaupun tidak semua penyebab AC kurang dingin adalah kompresor yang rusak, tetapi bisa jadi bukan kompresornya yang rusak tetapi bisa jadi di sebabkan karena faktor lain.
  • Suara kompresor berisik.
Tanda yang lain adalah suara kompresor terdengar berisik atau terdengar lebih keras dari biasanya, ini biasanya disebabkan oleh adanya gesekan mekanik dari dalam kompresor.

Adanya gesekan antar komponen di dalam kompresor inilah yang menyebabkan suara kompresor terdengar lebih berisik dari biasanya dan jika ini terjadi maka akan sulit untuk perbaikanya karena untuk kompresor jenis rotari sangat kecil kemungkinannya untuk  bisa di perbaiki.

Kemungkinan lain selain yang sudah saya sebutkan diatas adalah disebabkan oleh kurangnya olie di dalam kompresor.

Jika kekurangan olie, kompresor akan menjadi sangat berisik karena kurangnya minyak pelumas di dalamnya.jika tidak segera diatasi dengan menambah minyak pelumas,kompresor akan mengalami kerusakan yang lebih parah.
  • Kompresor AC berdengung.
Tanda ini sering kita jumpai jika kompresor mengalami gagal start yang di sebabkan oleh menurunnya nilai kapasitas pada kapasitor, cara mengatasinya adalah dengan mengganti kapasitor dengan nilai yang sama sesuai bawaan dari kompresor tersebut.
  • Jika di pegang kompresor nyetrum.
Tanda yang lain adalah jika si pegang dengan tangan telanjang kompresor nyetrum, ini disebabkan lilitan di dalam kompresor short body atau terjadi hubungan antara lilitan dengan body kompresor, biasanya kalau sudah demikian kompresor sudah tidak bisa bertahan lama dan akan mengalami mati sendiri.

Dengan adanya uraian di atas semoga bisa menambah pengetahuan bagi sobat-sobat semua yang belum begitu paham atau belum mengetahui  tentang tanda-tanda kompresor AC yang sudah mulai menunjukan gejala-gejala kerusakan.

Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas kembali.

Salam dingin

Posting Komentar untuk "Tanda-tanda kompresor AC rusak"