Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mendeteksi motor mesin cuci 2 tabung sudah lemah

Juraganacee - Cara mendeteksi motor mesin cuci 2 tabung sudah lemah, pada postingan kali ini kita akan membahas tentang motor mesin cuci 2 tabung yang mengalami penurunan daya putarnya.

Cara ini untuk meyakinkan kita sebelum kita melakukan tindakan untuk mengambil keputusan selanjutnya dalam perbaikan mesin cuci 2 tabung yang sedang kita perbaiki.

Bagi sobat semua yang sudah faham tentang kelistrikan pada mesin cuci 2 tabung ini kalian bisa memperbaiki sendiri atau menganalisa kerusakan yang terjadi.

Tetapi jika sobat semua belum faham tentang kelistrikan yang ada pada mesin cuci 2 tabung  saya sarankan untuk memanggil tukang service yang sudah berpengalaman.

Mengapa demikian ?

Karena hal ini menyangkut keselamatan kita agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan bagi sobat semua.

Sebelum kita membahas tentang motor yang ada dalam mesin cuci ada baiknya sobat semua mengenal tentang motor yang ada dan di gunakan dalam mesin cuci 2 tabung ini.

Motor wash ( motor pencucian )


Motor wash yang di gunakan dalam sebuah mesin cuci mempunyai tegangan 220v- 240v dan menggunakan daya antara 100watt - 145watt.

Setiap merk mesin cuci tidak selalu sama dalam penggunaan motor ini, ada yang menggunakan daya 100watt ,110watt atau pun yang lebih besar dari itu tergantung dari produsen pembuatnya.

Motor pengering


Motor pengering menggunakan tegangan antara 220v - 240v dan daya sekitar 100watt dan ada juga yang kurang dari itu, tergantung juga dari produsen pembuatnya.

Motor ini juga hampir sama seperti motor wash, yang membedakan adalah besaran daya yang digunakan, tetapi motor pengering cenderung lebih kecil dari motor wash karena daya putar yang di butuhkan juga berbeda.

Cara mendeteksi motor mesin cuci sudah lemah


Hal pertama yang harus sobat lakukan untuk mendeteksi motor mesin cuci 2 tabung yang sudah lemah adalah sebagai berikut :
  • Colokan steker ke stop kontak.
  • Putar knop timer wash ke arah kanan! Jika motor tidak berputar gunakan tangan sobat untuk memutar pulsator ke arah kanan atau kiri agar bisa berputar. Jika pulsator tidak berputar cabut steker dari stop kontak!
  • Langkah selanjutnya buka penutup mesin cuci pada bagian belakang menggunakan obeng.
  • Kemudian siapkan kapasitor baru dengan ukuran yang sama untuk mengganti kapasitor yang lama.
  • Setelah kapasitor kita pasang coba kembali seperti langkah yang pertama yaitu memutar timer wash pada mesin cuci. Perhatikan lah apakah pulsator bisa berputar atau tidak? Jika pulsator tidak berputar itu tandanya motor wash mesin cuci dalam keadaan lemah.
Catatan : penyambungan kabel C,S,R pada motor jangan sampai terbalik !
 Dengan mengikuti petunjuk diatas sobat semua sudah bisa mendeteksi atau menganalisa apakah motor mesin cuci 2 tabung sudah lemah atau tidak.

Solusinya adalah 


Untuk solusinya adalah sebagai berikut :
  • Menggulung ulang lilitan pada motor mesin cuci.
  • Mengganti motor dengan yang baru.
Solusi diatas adalah solusi terbaik karena bagaimana pun juga jika motor sudah lemah maka sudah tidak bisa di gunakan lagi jalan satu- satunya adalah kedua solusi diatas lah solusinya.

Tinggal kita pilih yang mana mau menggulung ulang motor atau menggantinya dengan yang baru.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video youtube juraganacee berikut ini !

Cara mendeteksi motor mesin cuci 2 tabung sudah lemah ini sangat mudah dan gampang silahkan sobat lakukan sendiri jika mesin cuci dirumah anda mengalami kerusakan seperti yang sudah kita bahas diatas!

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.







Posting Komentar untuk "Cara mendeteksi motor mesin cuci 2 tabung sudah lemah"