Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah perlu isi ulang freon ac

 


Juraganacee - Pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang apakah perlu isi ulang freon AC ?

Secara garis besar jawabannya adalah tidak!.

Mengapa demikian ?

Selama tidak ada kebocoran di dalam instalasi maka AC tersebut tidak perlu di isi freon, kalaupun harus di isi freon karena freon habis atau berkurang, itupun seharusnya di lakukan perbaikan dulu adanya kebocoran tersebut.

Karena jika AC berkurang freonya itu pertanda adanya kebocoran dalam sistem instalasi atau kondensor bocor ataupun evaporator bocor.

Untuk itu sebelum mengisi ulang freon kita harus memperbaiki kebocoran tersebut, setelah kebocoran di perbaiki barulah kita bisa mengisi ulang kembali AC tersebut.

Lalu bagaimana dengan berkurangnya freon karena menguap? Jika terjadi penguapan freon itu bisa saja terjadi karena lamanya pemakaian, dan ini pun freon tidak akan banyak yang hilang hanya beberapa persen saja jika terjadi penguapan freon.

Hal ini wajar karena di waktu kompresor bekerja terus menerus maka kompresor akan panas dan semakin panas dan freon mungkin akan menguap tetapi berkurangnya freon di dalam sistem yang di karenakan panas nya kompresor tidak akan membuat AC menjadi tidak dingin.

Jika umur AC lebih dari 5 tahun mungkin hal ini wajar, tetapi jika AC baru berumur 1atau 2 tahun jika freon berkurang  bisa jadi itu karena ada kebocoran dalam sistem instalasi.

Untuk itu kita tidak perlu mengisi freon jika tidak ada kebocoran, selama sistem baik dan tidak bocor maka kita tidak perlu mengisi AC dengan freon yang baru.

Ada beberapa kasus yang menyebabkan berkurangnya freon AC seperti  beberapa waktu yang lalu saya memperbaiki AC yang bocor freon nya yang disebabkan karena instalasi pipa tertanam tembok dan pada sambungan pipa kempet, mungkin sewaktu pemasangan ac tersebut tukang pasang nya asal memasangnya sehingga pipa kempet dan bocor.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan nya adalah kita tidak perlu mengisi ulang freon AC jika tidak terjadi kebocoran dalam instalasi maupun komponen- komponen AC yang rawan terhadap bocor seperti kondensor dan evaporator.

Ok sobat semua demikian postingan saya kali ini semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Salam persahabatan.



Posting Komentar untuk "Apakah perlu isi ulang freon ac"