Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan motor drain mesin cuci front loading dan top loading

 

Juraganacee - jika sobat semua sedang memperbaiki sebuah mesin cuci baik itu jenis front loading ataupun top loading yang mengalami kerusakan pada motor drain nya, pada postingan saya kali ini kita akan mengulas sedikit tentang perbedaan antara motor drain mesin cuci front loading dan top loading.

Khusunya bagi pemula yang belum begitu faham tentang cara kerja kedua jenis motor drain tersebut, bagi yang sudah berpengalaman tentu sudah faham, tentang cara kerja keduanya.

Tidak ada salahnya kita flas back kembali mengenal tentang sistem kerja dari motor drain tersebut.

Fungsi motor drain dalam mesin cuci 

Fungsi utama dari motor drain dalam sebuah mesin cuci adalah membuang air yang ada  dalam tabung mesin cuci, dimana motor ini di kendalikan oleh modul pada sebuah mesin cuci.

Kedua jenis motor drain yang akan saya bahas ini adalah jenis mesin cuci front loading dan top loading, keduanya mempunyai perbedaan dalam cara kerjanya.

Motor drain mesin cuci front loading

Jika pada jenis front loading motor yang di gunakan adalah jenis turbin atau bahan yang di gunakan menyerupai turbin yang fungsinya berputar dan mengeluarkan air dalam tabung mesin cuci front loading.

Motor ini berada di bawah tabung mesin cuci, dan bisa di buka tutup pada ujung body dari motor tersebut untuk dapat dibuka dan di tutup kembali untuk membersihkan kotoran yang ada di dalamnya.

Motor drain ini menggunakan tegangan 220V yang di dalamya berisi lilitan tembaga sebagai penggerak motor tersebut.

Jika lilitan motor tersebut terbakar maka motor akan tidak berfungsi dan mesin cuci tidak akan bisa membuang air.

Hal yang perlu sobat ketahui adalah posisi selang pembuangan air nya karena selang ini harus dalam posisi naik dulu baru kemudian turun, karena jenis motor drain ini selalu tergenang air, karena letaknya memang berada pada bagian bawah tabung mesin cuci dan akan selalu terendam air,makanya selang pembuangan air nya tidak boleh tergeletak begitu saja di lantai, posisinya harus selalu dalam posisi naik.

Jika selang pembuangan air dalam posisi turun kebawah maka mesin cuci akan mengalami eror, karena memang salah dalam penempatan selang pembuangan mesin cuci.

Di setiap merk mesin cuci kode eror eror akan tampak berbeda tergantung dari pabrik pembuatnya, jadi sobat semua harus memperhatikan letak dan posisi selang pembuangan mesin cuci tersebut.

Motor drain mesin cuci top loading

Fungsi hampir sama seperti jenis front loading yaitu membuang air dalam tabung mesin cuci, yang membedakan adalah cara kerjanya.

Jenis motor drain ini menggunakan seling penarik untuk menggerakkan klep yang ada di bawah tabung mesin cuci.berbeda dengan jenis front loading, klep yang ada dalam mesin cuci top loading sedikit sulit untuk di buka,karena berada pada posisi di dalam body mesin cuci.

Jika ingin membersihkan nya kita harus membuka body mesin cuci dan drat saluran pembuangan air pada mesin cuci tersebut.

Dan untuk jenis motor drain ini posisi selang pembuangan air harus dalam posisi di bawah atau dibiarkan saja tergeletak di lantai,karena tidak akan berpengaruh pada proses pembuangan airnya.

Untuk lebih jelasnya tonton video YouTube juraganacee di bawah ini.

Video YouTube juraganacee Chanel


Ok ..sobat semua! Semoga pembahasan tentang perbedaan motor drain mesin cuci ini bermanfaat bagi sobat semua, jika ada pertanyaan silahkan tulis komentar di bawah ini!  dan selamat beraktifitas kembali.

Salam persahabatan.

1 komentar untuk "Perbedaan motor drain mesin cuci front loading dan top loading"