Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran panjang pipa dalam pemasangan ac

 


Juraganacee - Dalam pemasangan instalasi pipa AC ukuran panjang pipa AC harus kita perhatikan karena hal ini berpengaruh pada kinerja AC yang kita pasang, baik untuk pemasangan ac baru dan bekas sekalipun.

Perlu teman-teman ketahui selain penggunaan pipa dengan  ketebalan yang baik ukuran panjang pipa juga menentukan hasil dari pemasangan AC yang kita lakukan.

Dari pabrik pembuat AC biasanya sudah memberikan standart cara pemasangan ac dan ukuran pipa yang harus digunakan, dan ukuran ini mungkin akan berbeda antara merk satu dengan merk yang  lainya.

 Dengan mengetahui dan mempelajari terlebih dahulu standart pemasangan ac  dari pabrikan pembuat AC tersebut maka kita akan tahu apa yang harus kita siapkan dalam pemasangan ac yang akan kita lakukan.

Untuk itu biasakan terlebih dahulu untuk membaca  buku panduan agar tidak salah dalam pemasangan, di postingan saya kali ini kita akan membahas tentang ukuran panjang pipa untuk pemasangan ac.

Ukuran panjang pipa dalam pemasangan ac

Ukuran panjang pipa minimal  untuk pemasangan ac biasanya adalah 3 meter dan untuk panjang nya adalah 7 meter, ukuran tersebut adalah ukuran standart yang di keluarkan oleh beberapa merk pabrikan pembuat AC ruang yang beredar di Indonesia.

Lalu apa pengaruhnya jika tidak sesuai dengan ketentuan tersebut?

Pabrikan pembuat AC tentu saja sudah mempunyai ukuran dan standart tersendiri agar AC yang mereka buat bisa berfungsi optimal, konsekuensi jika kita tidak mengikuti ketentuan tersebut biasanya akan membuat pemasangan ac menjadi kurang sempurna dalam hal performa dan pendinginan dari AC tersebut.

Jika pipa terlalu pendek biasanya volume freon akan berlebihan dan jika pipa terlalu panjang melebihi ukuran standartnya maka AC harus di tambah freon, semakin panjang pipa penambahan freon pun akan semakin banyak.

Ukuran standart panjang pipa dalam pemasangan ac di setiap merk AC berbeda-beda, dan kita harus mengikuti ketentuan tersebut agar kinerja AC awet dan sesuai dengan prosedur.

Ok sobat semua demikian pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Salam dingin dan selamat beraktifitas.

Posting Komentar untuk "Ukuran panjang pipa dalam pemasangan ac"