Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran pipa ac

 


Juraganacee.com - Ukuran pipa AC yang kita gunakan dalam pemasangan ac akan sangat berpengaruh pada kinerja dari AC tersebut, karena apa? Jika kita menggunakan pipa yang tidak standart atau ketebalannya kurang maka akan menyebabkan pipa menjadi bocor dan akan berakibat adanya kebocoran gas freon dalam instalasi AC tersebut.

Dan jika terjadi kebocoran gas dalam instalasi dan dibiarkan maka lama kelamaan freon akan habis dan AC tidak dingin, hal ini tentu akan merugikan kita sendiri sebgai pemasangnya maupun pemilik AC tersebut juga akan di rugikan.

Untuk itu pada postingan kali ini saya akan membahas tentang ukuran AC standart yang bisa kita gunakan dalam pemasangan unit AC kapasitas 0,5 - 2pk.

Perlu sobat ketahui bahwa ibaratnya pipa AC itu menjadi komponen yang sangat penting dalam pemasangan sebuah AC, dan ketebalan pipa akan memastikan aliran freon aman dan tidak bocor dalam sebuah instalasi AC.

Menggunakan pipa yang lebih tebal akan mengurangi resiko kebocoran di kemudian hari apalagi jika AC tersebut menggunakan jenis freon R32 dan R410a. Karena jenis freon ini haruslah menggunakan pipa yang tebal, jadi jangan sembarangan menggunakan pipa AC. Apalagi pipa AC tersebut tidak memenuhi kriteria dan standard SNI.

Ketika pipa bocor freon akan terbuang yang awalnya terjadi adalah AC mulai tidak dingin lalu jika kebocoran di biarkan saja maka akan timbul bunga es sampai freon habis total dan bisa jadi akan merusak kompresor.

Pipa tipis lebih berisiko bocor

Sebenarnya pipa tipis bisa di gunakan akan tetapi resiko bocor akan lebih besar di bandingkan dengan pipa yang lebih tebal, di bawah ini akan kita bahas penyebab kebocoran pipa yang sering terjadi yaitu :

  • Flaringan pipa pecah atau retak.
Flaringan yang tidak baik akan menyebabkan timbulnya bocor,untuk itu kita harus memperhatikan flaringan yang kita buat untuk sambungan pipa AC.
  • Pembengkakan pipa yang kurang hati-hati.
Sering kali kita tergesa-gesa saat membengkokkan pipa sehingga menyebabkan pipa kempet dan menyebabkan bocor pada pipa AC.
  • Ketebalan pipa tidak standard.
Kurangnya ketebalan pipa AC bisa jadi menjadi penyebab kebocoran gas freon dalam sistem, memang awalnya belum terlihat adanya kebocoran tersebut tetapi lama kelamaan pipa AC akan mengalami kebocoran juga jika tidak memenuhi standard.

Gunakan ukuran ketebalan pipa di atas 0,60 mm apalagi jika kita memasang AC dengan freon R410a dan R32.

Di bawah ini beberapa ukuran ketebalan pipa AC yang sering di gunakan di dalam pemasangan sebuah unit AC dan ukuran pipa ini beredar di pasaran.

Ukuran ketebalan pipa AC
  • Artic.  0,50 mm.
  • Denpo.  0,60 mm.
  • Tateyama.  0,60 mm.
  • Daikin.  0,75 - 0,80 mm.
  • Kembla.  0,75 - 0,80 mm.
Sebagai patokan ukuran ketebalan pipa AC bisa sobat lihat di bagian tulisan insulasi pada pipa tembaga tersebut.

Ukuran besarnya pipa tembaga kapasitas 0.5pk-2pk
  • AC kapasitas 0,5 pk adalah 1/4 - 3/8".
  • AC kapasitas 3/4 pk adalah 1/4 - 3/8".
  • AC kapasitas 1 ok adalah 1/4 - 3/8"
  • AC kapasitas 1,5 pk adalah 1/4 - 1/2".
  • AC kapasitas 2 pk adalah 1/4 - 1/2".
Saya sendiri sangat tidak menyarankan penggunaan ketebalan pipa di bawah 0,50 mm karena ini sangat rentan terjadinya kebocoran pada instalasi,lebih baik gunakan ketebalan paling tidak 0,60 mm agar aman dan mengurangi resiko yang lebih besar.

Ok sobatku semua itulah pembahasan kita kali tentang ukuran pipa ac yang sering kita gunakan dalam pemasangan instalasi AC semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi sobatku semua, selamat beraktifitas kembali.

Salam persahabatan selalu.

Posting Komentar untuk "Ukuran pipa ac"