Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara pasang otomatis penampungan mesin pompa air

 


Juraganacee.com - Hai sobat ! Gimana kabar kalian? Semoga saja kalian semua dalam kondisi yang sehat ya. Sudah beberapa hari ini saya tidak posting artikel dan baru kali ini saya akan sedikit berbagi kepada kalian semua tentang cara pasang otomatis penampungan air yang biasa kita gunakan di rumah kita.

Otomatis ini biasa di sebut sebagai radar untuk menyalakan pompa jika air dalam toren habis dan akan mematikan kembali jika air dalam toren sudah penuh.

Otomatis ini sangat diperlukan karena dengan adanya otomatis ini kita tidak perlu bolak-balik menghidupkan dan mematikan pompa karena hal itu tentu akan membuat kita capek ya..he..he..

Untuk itu lah kita memerlukan otomatis ini agar bisa secara otomatis toren terisi air setiap saat, dan kita tinggal buka kran maka air bisa mengalir dengan sendirinya.

Untuk harga otomatis ini bermacam-macam tergantung kwalitas dan merk-nya dipasaran berkisar antara 60 ribu sampai 100 ribu.

Ok guys kita akan membahas tentang cara pemasangan otomatis ini.

Otomatis ini biasa di pasang di bagian atas toren atau penampungan air dan di tempatkan di atas lubang bagian atas toren tersebut, dan otomatis ini biasanya menggunakan seutas tali yang di kaitkan dengan 2 buah pelampung sebagai pemberat agar bisa menggerakan saklar yang berada pada otomatis tersebut.

Cara pasang otomatis penampungan air

Hal pertama yang sobat harus lakukan adalah memasang otomatis tersebut di atas lubang toren dan kecangkan body otomatis tersebut menggunakan baut agar tidak jatuh.

Setelah itu gunakan kabel secukupnya sesuaikan kondisi dan tempat yang akan kita gunakan dan pasang kabel tersebut ke terminal A1 dan A2 pada otomatisnya.

Kabel tersebut kita hubungkan ke jalur positif dari power pompa air dan yang satunya lagi kita hubungkan ke pompa air sementara jalur negatif dari power langsung kita hubungkan ke pompa air.

Setelah kabel kita pasang kemudian tali dari otomatis tersebut kita masukan melewati lubang di bawah otomatis dan pasanglah kedua pelampung secara seri atau pasang di bagian atas tali dan kecangkan kemudian pelampung yang satunya di pasang dibagian bawah tali usahakan jarak antara pelampung satu dan yang lainya tidak terlalu berdekatan agar posisi air seimbang antara hidup dan matinya pompa air.

Usahakan jarak pelampung yang bagian atas 30 cm dengan toren bagian atas dan untuk pelampung bagian bawah juga 30 cm dengan bagian dasar toren tersebut atau sobat bisa sesuaikan sendiri jarak nya.

Jika sudah sobat pasang semua cobalah untuk menarik dan melepaskan tali tersebut secara bergantian jika terdengar bunyi klik berarti otomatis normal yaitu bisa menyambung dan memutus arus nantinya jika di gunakan.

Note : usahakan pemasangan kabel di otomatis ini benar yaitu jalur positif ya..!

 Setelah semua terpasang sobat bisa mencobanya dengan menghidupkan pompa air, perhatikan sewaktu toren airnya habis berarti posisi ini pompa harus bisa hidup dan setelah air penuh pompa air harus bisa mati sendiri ya..

Untuk lebih jelasnya silahkan simak dan tonton video YouTube juraganacee Chanel berikut ini!

Video YouTube juraganacee Chanel



Ok gues semoga bermanfaat bagi sobat semua ya..jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, selamat beraktifitas dan selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara pasang otomatis penampungan mesin pompa air"