Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memeriksa heater kulkas 2 pintu

 


Juraganacee.com - Heater atau pemanas yang biasa di gunakan di dalam kulkas 2 pintu mempunyai peran penting sebagai pemanas untuk mencairkan es di evaporator.

Jika heater atau pemanas ini tidak berfungsi dengan baik maka akan mengganggu proses pendinginan dalam sebuah kulkas 2 pintu.

Mengapa demikian? 

Di saat kulkas dalam posisi pencairan atau mencairkan bunga es dalam evaporator di saat itulah heater bekerja untuk mencairkan bunga es jika es di evaporator tidak mencair dan masih menggumpal dalam evaporator maka kipas tidak bisa mengalirkan udara dingin ke bagian bawah atau ruangan bagian bawah kulkas dan akibatnya bagian bawah kulkas tidak bisa dingin.

Untuk itu peran sebuah heater dalam kulkas 2 pintu sangat penting dan harus dalam kondisi normal dan bisa mencairkan bunga es di evaporator.

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara memeriksa heater atau pemanas tersebut.

Heater yang biasa di gunakan dalam kulkas 2 pintu biasanya menggunakan heater kaca, yaitu bentuknya menyerupai lampu UV atau elemen yang di bungkus dengan kaca seperti gambar di atas.

Cara memeriksa heater kulkas 2 pintu

Untuk memeriksa kondisi heater ini adalah dengan cara membongkarnya dan mengeluarkannya dari tempatnya yaitu di bagian bawah evaporator.

Setelah kita bisa mengeluarkan heater ini ukur lah menggunakan Avo meter atau multimeter di skala ohm, jika menunjukan hambatan tertentu berarti heater dalam kondisi normal.

Selain itu sobat juga bisa memeriksanya dengan cara di sambungkan langsung dengan power 220V, jika heater masih bagus akan mengeluarkan hawa panas tetapi jika tidak berarti heater dalam kondisi rusak.

Atau bisa juga dengan cara yang lebih simple dan gampang dilakukan yaitu dengan cara seperti yang akan saya jelaskan berikut ini.

Cara melepaskan dan memeriksa heater kulkas 2 pintu

  • Lepaskan tutup bagian depan evaporator.
  • Perhatikan sensor heater nya. 
  • Lepaskan sensor heater nya tersebut keluar dari evaporator tetapi jangan di lepas soketnya biarkan masih tersambung di instalasi.
  • Kemudian posisikan timer pada posisi pencairan. 
  • Dan potong kedua kabel sensor.
  • Dan sambungkan dengan cara di tempel dan di lepas secara bergantian jika timbul percikan api kecil berarti heater masih normal tetapi jika tidak kemungkinan heater dalam kondisi rusak.
Ukuran heater kaca yang ada di kulkas 2 pintu biasanya berkisar antara 10 inch atau 11 inch atau sekitar 26cm. 

Ok guys..

Demikian pembahasan kita kali ini semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk rekan-rekan yang sedang mencari informasi tentang cara memeriksa kondisi heater kulkas 2 pintu.
Salam dingin dan selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara memeriksa heater kulkas 2 pintu"