Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara pasang dimmer

 


Juraganacee.com - Fungsi dimmer pada umumnya adalah sebagai alat pengatur kecepatan atau menurunkan daya pada sebuah komponen elektronika atau motor listrik.

Dimmer bisa di gunakan untuk mengatur nyala sebuah lampu yang bisa di sesuaikan sesuai keinginan kita.Dengan memutar potensio yang ada pada dimmer nyala lampu akan bisa berubah-ubah menjadi terang ataupun redup.

Disamping itu dimmer juga bisa di gunakan untuk mengatur putaran kecepatan sebuah motor listrik dan alat-alat lainya seperti mesin Gerindra,kipas angin,motor mesin cuci dan lain sebagainya.

Dahulu dimmer hanya di gunakan untuk mengatur nyala terang sebuah lampu, tetapi di era digital seperti sekarang ini dan dengan perkembangan jaman nya dimmer berkembang menjadi sebuah alat pengatur kecepatan sebuah motor listrik.

Berdasarkan jenisnya dimmer ada beberapa macam yaitu :

  • Dimmer saklar.
  • Dimmer rotary.
  • Dimmer PWM arduino.
Ada banyak dimmer yang di jual dengan harga yang cukup murah dan banyak di jual di toko-toko online. Harganya pun bervariasi tergantung dari jenis dan merk dimmer itu sediri.

Sebenarnya rangkaian dimmer ini kita bisa membuatnya sendiri karena komponennya bisa kita dapatkan dan bisa kita beli di toko elektronik di sekitar kita.

Komponen yang di butuhkan untuk pembuatan dimmer ini biasanya adalah :
  • Triac.
  • Kapasitor.
  • Heatsink.
  • Potensio.
  • Lampu LED.
  • Resistor.
  • PCB.
  • Diac.
Di postingan saya kali ini kita akan membahas tentang cara pemasangan sebuah dimmer yang akan di fungsikan sebagai pengatur kecepatan motor listrik dan sebagai contohnya akan saya gunakan sebuah motor yang biasa di gunakan untuk penggerak mesin cuci.

Ok langsung saja tanpa basa basi kita langsung menuju ke TKP!

Cara pasang dimmer untuk mengatur kecepatan motor listrik

Sebelum pemasangan kita harus memahami dulu cara kerja dimmer dan terminal yang berada pada dimmer tersebut.

Dimmer yang bisa di gunakan untuk mengatur kecepatan sebuah motor adalah dimmer AC, dimmer ini mempunyai 4 terminal yaitu pin Inlet yang terdiri dari 2 buah pin yang merupakan tegangan masuk dari PLN, dan pin outlet yaitu 2 terminal yang menuju ke beban.

Pemasangan ke 4 terminal ini cukup mudah yaitu dengan memperhatikan pin Inlet 220V kita pasangkan terlebih dahulu pin phase dan netral dari power PLN dan selanjutnya sisanya adalah kita pasang menuju ke beban motor listrik yang akan kita atur kecepatannya.

Setelah kita pasang semua terminalnya kita bisa coba dengan menghidupkannya dan untuk mengatur kecepatannya kita putar potensio pada dimmer ke arah kanan maka putaran akan semakin cepat dan untuk memperlabat kita bisa putar ke arah kiri.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video YouTube juraganacee berikut ini!

Video YouTube juraganacee Chanel



Ok sobat demikian pembahasan saya kali ini semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian yang sedang mencari informasi tentang cara pemasangan dimmer ini. Sampai jumpa lagi di postingan saya yang lainya.
Salam persahabatan selalu.

Posting Komentar untuk "Cara pasang dimmer"