Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi akumulator pada kompresor

Juraganacee.com - Hai sobatku semua! Gimana kabar kalian? Semoga saja kalian semua dalam keadaan sehat dan bisa beraktifitas seperti biasanya ya guys! Dan Sudah beberapa hari ini saya tidak update artikel yang di karenakan oleh kesibukan saya dalam pekerjaan dan baru kali ini saya sempatkan diri untuk bisa menulis artikel, dan artikel saya kali akan membahas tentang fungsi akumulator pada kompresor.

Perlu sobat semua ketahui bahwa fungsi utama dari sebuah akumulator adalah mencegah masuknya bahan pendingin dalam bentuk cair masuk ke dalam kompresor.

Nah! perlu juga sobat ketahui bahwa bahan pendingin cair ini mengapa sampai tidak boleh masuk ke dalam kompresor?

Di sini kita akan membahas tentang hal tersebut ya guys, kenapa bahan pendingin cair ini tidak boleh masuk ke kompresor jawabannya adalah karena jika bahan pendingin cair ini sampai masuk ke dalam kompresor maka hal tersebut akan berakibat pada rusaknya Reed Valve yang ada di dalam kompresor tersebut.

Yuk kita bahas lebih lanjut!

Dalam sistem pendingin, freon atau bahan pendingin yang keluar dari evaporator harus sudah berbentuk gas ini di sebabkan karena freon yang keluar dari evaporator sudah mengalami over heat beberapa Drajat dan ini untuk meyakinkan agar freon yang masuk ke kompresor sudah dalam bentuk gas bukan freon cair.

Tetapi kadang kala sistem pendingin akan mengalami hal-hal yang tidak kita inginkan seperti dalam hal ini bahan pendingin mengalami kondisi yang bersifat abnormal, yaitu dalam kondisi ini bahan pendingin yang keluar dari evaporator masih berbentuk cair dan ini bisa saja terjadi,  biasanya hal tersebut di sebabkan oleh beberapa hal yaitu seperti :

  • Fan motor indoor mati atau putarannya lemah.
  • Saringan udara di indoor unit kotor.
  • Evaporator tersumbat oleh debu atau kotoran lainnya.
Oleh sebab itu jika melihat dari faktor-faktor di atas sebaiknya sebisa mungkin pembersihan unit AC sangat di perlukan agar AC tetap bisa berjalan normal.

Cara kerja akumulator

Cara kerja dari akumulatoo ini adalah pada saat bahan pendingin gas yang keluar dari evaporator yang bercampur bahan pendingin cair dan Oli yang ikut bersirkulasi dalam sistem akan masuk ke aliran masuk akumulator dan pada saat freon masuk ke akumulator suhu bahan pendingin akan turun secara tiba-tiba sehingga freon cair dan oli yang berat jenisnya lebih besar akan turun ke bawah akumulator dan bahan pendingin gas akan langsung keluar melalui outlet pada akumulator tersebut.

Kemudian apa yang terjadi dengan refrigerant cair dan Oli di dasar akumulator?

Untuk mengatasi hal tersebut pipa keluaran akumulator di buat melengkung 180° derajat dan pipa masuk akumulator bagian atas di bengkokkan ke bawah akumulator dan ada lubang kecil di bagian bawah outlet tersebut yang di sebut blade hole, dengan melalui bagian inilah gas cair dan Oli pelumas keluar dari kompresor.

Dengan demikian akumulator ini akan memastikan refrigerant gas sajalah yang akan bisa masuk ke kompresor kembali sehingga hal tersebut tidak akan merusak Reed Valve pada mekanik kompresor tersebut.

Ok guys! Itulah kenapa refrigerant  harus sudah berbentuk gas sewaktu akan masuk ke dalam kompresor kembali.

Demikian pembahasan singkat tentang fungsi akumulator pada kompresor, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk anda semua.

Salam dingin dan selamat beraktifitas kembali ya guys!.

Posting Komentar untuk "Fungsi akumulator pada kompresor"