Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara pasang karet tabung pengering mesin cuci

 


Juraganacee.com -  Pernahkah teman-teman semua, menemui adanya kerusakan seal karet yang terdapat pada tabung pengering sebuah mesin cuci 2 tabung ? dan apa pengaruhnya jika karet penahan yang ada pada tabung pengering mesin cuci 2 pintu tersebut pecah atau sobek?

Nah, di artikel ini saya akan membahas tentang kerusakan yang sering terjadi pada seal karet mesin cuci tersebut, terutama untuk mesin cuci model 2 tabung.

Perlu sobat ketahui Karet penahan yang ada di bagian bawah tabung pengering mesin cuci 2 tabung ini mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai:

  1. Penahan pergerakan/putaran tabung pengering agar berputar seimbang.
  2. Melindungi motor pengering yang ada di bawah tabung pengering agar tidak kemasukan air dari atas sewaktu proses pengeringan pakaian.

Selain itu ada beberapa akibat yang akan terjadi jika karet ini sampai pecah atau rusak, salah satunya adalah akan berpengaruh pada putaran tabung pengeringnya, putaran tabung akan menjadi tidak seimbang dan itu biasanya akan menimbulkan bunyi yang keras dan jika di biarkan terus menerus akan merusak tabung mesin cuci.

Selain itu percikan air yang keluar dari tabung pengering akan masuk ke bagian motor pengering yang ada di bawah tabung, jika hal ini tidak kita atasi maka akan menyebabkan motor mesin cuci bisa terbakar karena air yang masuk ke dalam lilitan tembaga yang ada di dalam motor tersebut.

Cara pasang karet tabung pengering mesin cuci 2 tabung

  • Sebelum memasang karet penahan ini pastikan dahulu karet pengganti sama besarnya dan diameternya juga sama sehingga pemasangan akan lebih mudah.
  • Langkah selanjutnya adalah usahakan karet pengganti menggunakan karet yang bagian bawahnya berulir atau karet ini menggunakan baut plastik sehingga ini akan memudahkan dalam pengerjaanya.
  • Kemudian langkah berikutnya adalah pastikan karet terpasang baik pada ulirnya atau jika karet tidak berulir pastikan karet masuk dengan baik pada tempatnya.
  • Masukan karet penahan tabung pengering ini melalui bagian atas kemudian jika sobat menggunakan karet yang ada ulirnya kencangkan baut plastik melewati bagian bawah tabung mesin cuci tetapi jika sobat menggunakan karet yang tidak berulir doronglah karet tersebut sampai terdengar bunyi klik atau penguncinya masuk ke tempatnya.
  • Jika karet sudah masuk dengan benar usahakan putar-putar karet tersebut untuk memastikan karet dalam posisi benar agar tidak ada kebocoran air yang akan menyebabkan masuk ke bagian bawah tabung.
  • Pastikan karet hasil pemasangan kita rata dan seimbang agar tidak menyebabkan kegagalan pemasangan karena hal ini akan membuat kita mengulangi pekerjaan dua kali jika salah dalam pemasangan.
  • Pemasangan karet selesai.
Note : usahakan karet pengganti menggunakan karet yang ada ulirnya sehingga memudahkan kita dalam pemasangan nantinya.

Saran saya dalam pemasangan dan pembongkaran karet ini usahakan kita melepas semua body mesin cuci bagian bawah karena jika tidak menurut pengalaman saya, kita akan kesulitan sewaktu membongkar karet penahan tersebut, apalagi jika karet tersebut belum pernah di ganti biasanya sangat sulit di lepas karena masih sangat keras.

Untuk itu usahakan membongkar body mesin cuci bagian bawah, agar pekerjaan anda mudah dan benar dalam pemasangannya. Selain itu untuk lebih mudahnya lagi melepas top mesin cuci bagian atas agar pemasangan tabung pengering lebih mudah.

Ok guys!

Di bawah ini salah satu contoh pembongkaran dan pemasangan karet penahan pada mesin cuci 2 tabung, silahkan simak sampai selesai ya guys!

Video YouTube juraganacee service



Ok sobatku semua, demikianlah cara pemasangan karet penahan tabung pengering mesin cuci 2 tabung, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman semua, sampai berjumpa kembali di postingan saya selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Cara pasang karet tabung pengering mesin cuci"