Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Elektronika adalah

Juraganacee.com - Halo teman-teman semua gimana kabarnya nih? Semoga kalian semua tetap sehat dan tetap bisa menjalankan aktifitas seperti biasanya ya. Di artikel ini saya akan membahas sedikit tentang pengertian tentang ilmu elektronika.

Elektronika adalah ilmu yang menggunakan alat listrik arus lemah yang di kendalikan dengan cara mengatur elektron atau partikel yang bermuatan listrik yang berada pada perangkat elektronik seperti semikonduktor, komputer dan lain-lain.

Perangkat elektronik merupakan perangkat yang di gunakan hampir di semua pabrik untuk meningkatkan kwalitas produk dan proses produksi. Demikian juga di lingkungan kita, perangkat elektronik merupakan penunjang untuk kehidupan kita sehari hari.


Perangkat tersebut seperti yang sering kita gunakan dalam bentuk seperti :
  1. Ponsel.
  2. Televisi.
  3. Komputer.
  4. Mesin cuci.
  5. Air conditioner.
  6. Dan lain-lain.

Fungsi dasar elektronika

Perangkat elektronika pada dasarnya dapat melakukan fungsi-fungsi dasar seperti berikut :
  • Penyearah
Perangkat yang dapat mengkonversi daya listrik AC (bolak balik) menjadi tegangan DC(searah).perangkat elektronika dapat mengkonversi dengan efisiensi yang baik.contoh yang sering kita lihat adalah pada pencatu daya,cas batry dan lain sebagainya.
  • Penguatan
Perangkat elektronika dapat meningkatkan sinyal lemah menjadi lebih besar atau kuat, perangkat ini kita sebut amplifier atau penguat.cintohnya adalah televisi,radio ataupun ponsel
  • Pengendali
Pengendali dapat kita temukan di pengendali sepeda motor ataupun lampu lalu lintas dan pengendali mesin cuci dan sebagainya.
  • Pembangkit
Perangkat elektronika dapat mengendalikan tegangan dan arus DC ke tegangan AC sesuai frekuensi yang di butuhkan dan peralatan ini di butuhkan rangkaian seperti isolator.rangkaian ini dapat menghasilkan sinyal listrik yang periodik dan amplitudonya bisa konstant. Seperti pada konverter dan timer.
  • Konversi
Ada peralatan elektronika yang bisa mengkonversi satu bentuk energi ke energi lain dan ini sering kita sebut dengan tranduser.
Contohnya adalah konversi suara menjadi sinyal listrik, konversi listrik menjadi cahaya,dan cahaya menjadi listrik.

Sekarang  dalam kehidupan dan lingkungan sekitar kita banyak kita temukan peralatan elektronika dalam semua bidang yang menggunakannya.bahkan di aplikasikan ke pertahanan dan keamanan sebagai contoh adalah radar,sonar dan infra merah yang di gunakan sebagai radar dalam pesawat maupun kapal induk.

Di lingkungan medis juga menggunakannya seperti pada penelitian yang menggunakan alat elektronika untuk mendukung X-ray,EKG,pendeteksi kadar kolesterol dan gula dan lain sebagainya.

Kemudian di lingkungan outomotif juga menggunakan perangkat elektronika biasanya untuk mengendalikan lampu,tranmisi,power window dan kelistrikan lainya.

Di dunia elektronika ini dapat kita kelompokkan menjadi beberapa cabang yaitu:
  • Elektronika mekanikal.
  • Elektronika optik.
  • Elektronika digital.
  • Elektronika komunikasi.
  • Elektronika mikro.
  • Elektronika analog.
Tentunya peralatan elektronika ini sangat membantu kita dalam menunjang kehidupan kita sehari-hari dan sangat di butuhkan oleh masyarakat, baik untuk keperluan pekerjaan maupun hal-hal lain yang memerlukan peralatan elektronika.

Ok guys! Demikian ulasan singkat tentang ilmu elektronika ini.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua, bagi teman-teman yang ingin mencari informasi tentang elektronika maupun tutorial tentang perbaikan-perbaikan elektronik silahkan ikuti terus blog Juraganacee.com ini.

Salam elektro

Posting Komentar untuk "Elektronika adalah"