Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbaikan mesin cuci LG turbodrum

 


Juraganacee.com - Beberapa waktu yang lalu saya memperbaiki sebuah mesin cuci merk LG model turbo drum, dimana kerusakan mesin cuci tersebut menurut si pemilik sewaktu proses mencuci dia berhenti di tengah jalan.

Dan mesin cuci ini katanya  belum lama dia beli, ternyata sudah mengalami kerusakan. Seperti teman-teman ketahui di jaman seperti sekarang ini peralatan elektronik yang kita beli baru sekalipun tidak menjamin akan awet dan tahan lama.

Ini terbukti dan berlaku di semua merk elektronik, apalagi jika peralatan elektronik tersebut tidak di rawat dan jarang di lakukan pengecekan secara rutin dan berkala.

Di postingan kali ini saya akan membahas tentang kerusakan sebuah mesin cuci merk LG model turbodrum yang mengalami eror dan berhenti di tengah proses pencucian.

Pengecekan awal komponen mesin cuci

Saat pertama mesin cuci di hidupkan modul control bisa hidup dan semua tombol berfungsi dengan baik, dan setelah program dipilih dan tombol start di hidupkan selenoid bekerja kemudian air masuk setelah saya perhatikan air yang keluar dari selenoid ternyata hanya sedikit dan tidak terlalu deras airnya.

Sampai di sini saya mulai curiga dengan kinerja selenoid ini, karena air tidak bisa deras keluarnya, saya coba membuka filter air yang ada di selang masuk ke mesin cuci setelah di buka ternyata memang filter air tersebut tersumbat oleh kotoran.

Setelah filter di bersihkan dan di pasang lagi barulah air bisa masuk dengan deras, setelah di tunggu beberapa menit dan secara tidak sengaja saya melihat selang pembuangan air ternyata dalam posisi sedikit naik keatas dan tentu ini tidak di benarkan karena posisi selang pada mesin cuci jenis top loading harus dalam posisi datar sehingga air bisa lancar saat proses pembuangan air dalam tabung mesin cuci. 

Dan saya menyimpulkan bahwa mesin cuci ini mengalami eror di tengah jalan di karenakan 2 hal yaitu:

  • Filter air kotor.
  • Selang pembuangan air naik keatas.
Setelah kedua faktor tersebut saya perbaiki barulah mesin cuci bisa berjalan dengan normal dan berhasil sampai akhir proses pencucian dan pengeringan.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini saya sertakan video YouTube juraganacee Chanel tentang perbaikan mesin cuci LG model turbodrum yang mengalami eror di tengah proses pencucian.

Video YouTube juraganacee Chanel



Dengan demikian dapat saya simpulkan mengapa mesin cuci tersebut eror dan berhenti di tengah proses pencucian. Hal pertama adalah karena filter air di selang yang masuk ke selenoid kotor dan yang kedua adalah karena selang pembuangan air tidak dalam posisi yang benar.

Ok guys! Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua selamat beraktifitas kembali dan salam jumpa kembali di artikel-artikel saya selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Perbaikan mesin cuci LG turbodrum"