Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode eror EC pada AC electrolux

 


Juraganacee.com - Beberapa waktu yang lalu saya pernah merangkum tentang kode eror AC electrolux, dan kode-kode tersebut bisa di jadikan acuan untuk selanjutnya anda bisa melakukan eksekusi berdasarkan kode eror yang muncul di display AC yang sedang kita perbaiki.

Telah sama-sama kita ketahui AC electrolux ini tergolong baru dan masih belum banyak yang menggunakannya, saya sendiri jarang menemukan orang menggunakan merk electrolux ini.

Merk electrolux biasanya familier dengan mesin cuci atau mesin pengering, karena setahu saya produk andalan mereka adalah di produk-produk seperti itu, maka tidak heran jika AC electrolux masih belum banyak di gunakan.

Ok guys kita langsung ke topik kita hari ini ya!

Kode eror EC pada AC electrolux

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi jika kode eror EC ini muncul pada AC electrolux.

  • Thermistor rusak.
  • Kebocoran freon.
  • Main board rusak.
Untuk dapat menganalisa dan memperbaiki kode eror ini kita harus melakukan pengecekan terlebih dahulu bagian-bagian yang ada hubungannya dengan apa yang sudah saya sebutkan di atas.

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Hidupkan AC menggunakan remot dan setting di mode cool dengan suhu terendah.
  • Setelah indoor hidup tunggu beberapa saat agar indoor mengirim arus listrik ke unit outdoor.
  • Jika unit outdoor bisa hidup dan sebentar kemudian mati biasanya kode eror EC akan muncul di display jika hal ini kita ulang kembali biasanya kejadiannya akan sama dan biasanya ini indikasi kerusakan pada thermistor, sobat bisa mengganti nya dengan thermistor yang baru.
  • Tetapi jika unit outdoor bisa hidup dan tidak mati lagi kemudian di barengi dengan kode eror EC periksalah tekanan freon menggunakan manipol gauge.
  • Periksa apakah tekanan freon berkurang atau malah habis.
  • Perhatikan manipol jika habis atau berkurang dari tekanan normal hal ini indikasi ada kebocoran freon. Carilah kebocoran tersebut dan perbaiki sampai tidak terjadi kebocoran lagi, setelah itu lakukan vakum sistem dan isi ulang kembali freon sesuai prosedur dan sesuaikan ampere dengan nameplat.
  • Kemungkinan selanjutnya setelah AC di hidupkan dengan remot kemudian indoor akan menyala dan tidak lama kemudian kode eror EC muncul di display biasanya ini merupakan indikasi kerusakan pada mainboard atau modul AC tersebut rusak, jika ini terjadi lakukan perbaikan di mainbord tersebut atau ganti dengan mainbord yang baru.
Jadi kode eror EC pada AC electrolux ini tidak selalu sama, sobat bisa menganalisa sendiri sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan, supaya kita tidak salah menganalisa dalam perbaikan AC merk electrolux ini.

Dan mungkin sobat menemui hal yang berbeda dan tidak sama seperti apa yang saya temui di lapangan.

Ok sobatku!

Semoga pembahasan saya kali ini tentang kode eror EC pada AC electrolux ini bermanfaat dan berguna bagi sobatku semua, jangan lupa selalu berdoa dan bersyukur kepada Allah atas apa yang di berikan kepada kita.

Salam dingin selalu.



Posting Komentar untuk "Kode eror EC pada AC electrolux"