Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara mengatasi pembuangan air mesin cuci tidak lancar



Juraganacee.com -
Dalam kondisi normal, jika kita ingin membuang air dalam tabung mesin cuci, maka air akan terbuang keluar sampai habis, tetapi jika kita sudah memutar knop pembuangan dan ternyata air tidak bisa habis terbuang berarti ini ada masalah di saluran pembuangan airnya.

jika masalah tersebut terjadi di mesin cuci anda ada beberapa masalah yang biasa terjadi dan harus anda atasi secepatnya agar mesin cuci bisa berjalan dengan normal kembali, salah satu sebabnya adalah tersumbat oleh kotoran atau koin yang mengendap di saluran pembuangan air tersebut.

penyumbatan kotoran seperti ini biasa terjadi di mesin cuci model 2 tabung dan 1 tabung, sedangkan pada mesin cuci model front loading hal ini jarang terjadi, karena saluran pembuangan airnya sedikit berbeda dengan kedua jenis mesin cuci yang saya sebutkan di atas.

Beberapa penyebab saluran pembuangan air mesin cuci macet atau tidak lancar

  • Tali pengait saluran pembuangan putus, hal ini biasa terjadi di karenakan pemakaian mesin cuci yang sudah lama dan tali pengait tersebut cacat atau material yang kurang bagus. cara mengatasinya adalah dengan mengganti tali tersebut dengan yang baru.
  • Seal karet pembuangan tersumbat oleh kotoran yang menumpuk. hal ini bisa terjadi di sebabkan oleh menumpuknya debu dan kotoran yang terus menerus melewati saluran pembuangan dan menempel pada seal karet tersebut sehingga lama kelamaan akan menyebabkan tersumbatnya saluran air di pembuangan mesin cuci. cara mengatasinya adalah dengan cara membongkar nya dan membersihkannya sampai bersih, jika perlu di ganti karena sudah cacat anda bisa menggantinya dengan yang baru.
  • Selang pembuangan kemasukan koin atau uang recehan yang masuk dan menyubat saluran. cara mengatasinya juga harus di bongkar saluran pembuangannya dan ambil koin tersebut.
  • saluran air di bawah pulsator tersumbat oleh kain atau kotoran. ini biasanya terjadi karena kain masuk melewati pulsator dan menyumbat saluran pembuangannya, cara mengatasinya adalah dengan membuka pulsator mesin cuci dan mengambil kain tersebut dan membersihkannya.

Perlu anda ketahui seal karet yang ada dalam saluran pembuangan di lengkapi dengan pegas yang berfungsi sebagai penahan seal karet agar tidak bocor dan dapat di tarik ulur sehingga bisa membuang air keluar dari saluran air mesin cuci.

NB ; Jika melakukan penggantian seal karet pada saluran pembuangan mesin cuci sebaiknya seal karet bekas di bawa sebagai contoh agar tidak salah beli, di karenakan ada beberapa ukuran yang berbeda, dan antara satu mesin cuci dengan yang lain juga berbeda.

ok..sobat!

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi pembuangan air mesin cuci tidak lancar atau macet, jika ada pertanyaan atau kurang jelas dan jika saya bisa membantu akan saya bantu semampu saya ya guys. semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kita semua.

salam persahabatan selalu.


Posting Komentar untuk "cara mengatasi pembuangan air mesin cuci tidak lancar"