Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori Elektron

 


Juraganacee.com - Teori tentang elektron, jika kita ingin memahami sedikit tentang teori ini dan juga memahami tentang adanya listrik dan sifat-sifatnya maka kita bisa melihat adanya teori dari LORENTZ dimana dia telah menyusun sebuah  teori yang isinya adalah sebagai berikut:

  • Tiap benda terdiri dari molekul-molekul.
  • Tiap molekul terdiri dari atom.
  • Tiap atom terdiri dari sebuah proton (inti positif) yang di kerumuni satu atau beberapa elektron (bagian negatif).
  • Muatan listrik dari satu proton sama besarnya dengan jumlah muatan dari semua elektron yang mengerumuninya hingga tiap atom bersifat netral sebab muatanya positif dan negatif itu seimbang.
  • Elektron dapat berpindah tempat dari satu atom ke atom yang lainya. Sedangkan proton tidak, proton itu terikat dengan satu atom sebagai intinya.
  • Suatu benda disebut netral jika muatan listrik dari proton ke proton lainya sama besarnya dengan jumlah muatan dari semua elektron-elektronya.
  • Benda disebut negatif jika jumlah muatan listrik dari elektron-elektronya lebih besar dari pada jumlah muatan dari proton-protonya.
  • Benda di sebut positif jika jumlah muatan listrik dari proton-protonya lebih besar dari pada jumlah muatan dari elektron-elektronya.
  • Dalam konduktor elektron-elektronya mudah bergerak sedang dalam isolator elektron-elektronya itu sulit bergerak atau hampir tidak bergerak.
Beberapa catatan yang perlu kita ketahui adalah :
  1. Benda positif itu elektronya tidak banyak.
  2. Benda negatif elektronya banyak.
  3. Atom seng mempunyai satu proton 80 elektron.
  4. Atom tembaga mempunyai satu proton 40 elektron
  5. Gerak elektron dari negatif ke positif ke satu jurusan merupakan satu listrik atau arus listrik.
  6.  coulumb : jumlah elektron 6,3 x 10 pangkat 18 dan coulumb yang memerlukan waktu satu detik  maka besar arus listriknya adalah 1 ampere.
Ok guys jadi dengan mengetahui teori elektron ini kita bisa memahami bagaimana arus listrik bisa mengalir dari positif ke negatif.

Semoga artikel tentang teori elektron bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang ilmu kelistrikan, sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.
Salam hangat.

Posting Komentar untuk "Teori Elektron"