Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Thermostat

 

Juraganacee.com - Setiap mesin pendingin biasanya selalu menggunakan thermostat karena komponen ini sangat penting sebagai sensor untuk menghidupkan kompresor dan mematikannya.

Jika thermostat mengalami gangguan atau rusak dapat di pastikan mesin pendingin akan berjalan tidak normal.

Pengaruh jika thermostat rusak 

Efek yang di timbulkan jika thermostat ini rusak biasanya mesin akan mengalami kerusakan seperti yang saya sebutkan di bawah ini :

  • Mesin pendingin akan mengalami mati sendiri walaupun posisi thermostat di posisi on.
  • Mesin pendingin akan mengalami hidup sendiri walaupun thermostat di putar ke posisi off.
  • Mesin pendingin tidak hidup walaupun thermostat di putar ke posisi cool.
Jika mesin mengalami kerusakan seperti yang saya sebutkan di atas kemungkinan besar thermostat dalam kondisi rusak.

Di postingan saya kali ini kita akan membahas tentang cara mengecek atau mengetahui kondisi thermostat di  dalam mesin pendingin.

Perlu teman-teman ketahui jika thermostat mengalami kerusakan tidak ada jalan lain kecuali menggantinya dengan yang baru.

Thermostat ini sangat sensitif dan rawan sekali dan harus di ganti jika rusak, memang sih thermostat bisa di perbaiki tetapi itu tidak menjamin bisa normal kembali 100%.

Untuk itu sebaiknya dan saran saya harus di ganti jika mengalami kerusakan agar tidak kerja dua kali, untuk cara mengetahui atau mengecek kondisi thermostat ini ikuti langkah-langkahnya seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.
  • Siap kan ohm meter.
  • Air dingin yang kita ambil dari kulkas atau lemari pendingin.
  • Thermostat  yang akan kita cek kondisinya.

Langkah pengecekan thermostat

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah :
  • Ambil ohm meter dan arahkan jarum penunjuk ke posisi gambar seperti dioda atau posisi untuk cek kondisi nyambung atau tidak dalam hantaran.
  • Putar lah thermostat ke arah kanan dan ukurlah thermostat terlebih dahulu dan perhatikan apakah ohm meter berbunyi tiit, jika berbunyi berarti thermostat dalam kondisi hidup.
  • Kemudian ambil thermostat dan silahkan masukan ujung sensor thermostat di masukan ke air dingin yang sudah kita persiapkan.
  • Tunggu selama kira-kira 30 menit.
  • Kemudian ukur kembali thermostat tersebut dan perhatikan  apakah bunyi tiit tadi terdengar atau tidak.
  • Perhatikan jika tidak ada bunyi tiit tersebut berarti kondisi thermostat dalam posisi mati dan itu berarti normal, tetapi jika terdengar bunyi tiit berarti thermostat masih dalam posisi hidup dan itu berarti thermostat rusak.
Ingat ya! Waktu memasukan thermostat ke dalam air dingin saran saya waktunya agak lama agar kondisi thermostat benar-benar sudah berubah atau sudah menunjukan pergantian posisinya.

Pengecekan seperti ini bisa dilakukan untuk mengecek thermostat mesin pendingin seperti kulkas,freezer,showcase dan yang lain-lainya.

Jika teman-teman kurang jelas silahkan tinggalkan komentar di bawah ini jika saya bisa membantu kesulitan teman-teman dalam pengecekan thermostat ini tentu dengan senang hati saya akan membatu teman-teman semua.

Ok guys! Demikianlah pembahasan kita kali ini semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semua, dan selamat beraktifitas kembali.
Salam dingin selalu.


2 komentar untuk "Thermostat"