Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengukur arus beban dengan tang ampere

Juraganacee.com - Untuk mengukur kuat arus yang melewati sebuah perangkat elektronik di butuhkan suatu alat, dan alat tersebut harus mampu membaca arus yang melewati beban yang akan di ukur.

Alat pengukur kuat arus biasa di sebut tang ampere atau clamp ampere. Cara penggunaan dari sebuah Tang ampere sangat mudah dan bisa di lakukan oleh siapa saja, untuk para teknisi yang sudah berpengalaman, cara penggunaan dari alat ini mungkin sudah tidak jadi masalah. Tetapi bagi yang belum terbiasa menggunakannya mungkin masih belum faham dan belum mengerti.

Cara penggunaan Tang ampere

Dengan melihat gambar di atas tentu anda sudah bisa menduga bahwa penggunaan dari alat pengukur arus tersebut mudah untuk di gunakan.

Ya! Memang mudah kita tinggal memasukan mulut tang ampere tersebut ke salah satu kabel sebelum ke beban yang akan kita ukur.

Langkah-langkah menggunakan Tang ampere. 

  • Putar jarum penunjuk Tang ampere dengan memutar saklar putar pada Tang ampere. 
  • Arahkan jarum pada ukuran yang akan kita ukur dengan tidak melebihi ukuran pada name plate beban tersebut. Contoh:  jika kita akan mengukur suatu beban dengan name plate tertera 10A, maka arahkan pada ukuran diatasnya yaitu jarum pada ukuran 20A.
  • Setelah anda setting dengan benar, langkah berikutnya adalah dengan memasukan mulut tang ampere pada salah satu kabel pada beban yang akan anda ukur. 
  • Perhatikan display dari Tang ampere tersebut, di situ akan tertera ukuran arus yang menuju beban yang akan anda ukur. 
Ok sobat! Mudah kan?

Demikianlah langkah -langkah yang harus anda lakukan untuk bisa mengukur kuat arus dari suatu beban elektronik dan alat-alat lainnya.

Ukuran Kapasitas dari tang ampere tersebut bervariasi dan ketahanan dari jenis Tang ampere juga berbeda, Tang ampere dengan skala kecil paling tinggi hanya di ukuran 20 ampere, sedang kan untuk tang ampere dengan ukuran yang lebih besar bisa mencapai 300 A.

Berbeda lagi untuk nilai minimal pada alat ukur kuat arus pada elektronika, biasanya tidak menggunakan Tang ampere tetapi menggunakan multitester yang bisa disetting lebih kecil dari 0,2A ke atas. 

Ok sobat!

Saya rasa ulasan singkat tentang cara penggunaan tang ampere sudah cukup, semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda yang sedang mencari info tentang cara penggunaan tang ampere.

Posting Komentar untuk "Cara mengukur arus beban dengan tang ampere"