Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi kompresor kulkas macet

 

Cara mengatasi kompresor kulkas macet
JuraganAcee.com - Cara mengatasi kompresor macet pada kulkas itu sangat mudah dan gampang jika kita tahu teknik nya, cara ini bisa kita lakukan jika sobat menemui adanya kegagalan start pada saat kompresor akan bekerja.

Dengan cara seperti yang akan saya jelaskan ini sobat bisa mengikutinya terutama bagi para teknisi pemula, jika sudah mahir tentu sudah paham ya guys.

Apa saja peralatan yang harus sobat sediakan untuk membuat kompresor kulkas kembali berjalan akan saya jelaskan di bawah ini.

Alat yang di gunakan adalah:

  • Tusuk kontak.
  • Kabel.
  • Kapasitor.
  • Relay PTC.
Dengan komponen di atas sobat sudah bisa mengatasi kompresor yang tidak bisa start dengan catatan kompresor hanya mengalami macet saja, artinya kompresor belum terbakar atau macet yang sudah terlalu parah.

Jika kompresor sudah terbakar tentu sudah game over atau tidak bisa di perbaiki kecuali di gulung ulang kumparannya.

Ok guys! Kita langsung ke pokok pembahasannya ya!

Cara mengatasi kompresor kulkas macet

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah melepas semua kabel atau socket yang ada di terminal kompresor.

Perhatikan di dalam terminal kompresor terdapat 3 buah terminal yaitu C itu adalah command kemudian S adalah start dan M itu adalah Line.

Setelah sobat mengetahui ke 3 terminal tersebut langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah memasang PTC yang sudah kita siapkan ke terminal kompresor bagian bawah yaitu 2 buah terminal paling bawah yang berjajar, karena kedua buah yang ada di bawah dan berjajar itu adalah terminal S dan M.

Kemudian langkah selanjutnya adalah menghubungkan kedua socket PTC tadi dengan 2 buah kabel menuju ke kapasitor yaitu socket S dan M.

Setelah itu socket relay PTC yang bertanda M kita gabungkan dengan salah satu tusuk kontak, dan kabel tusuk kontak yang lain kita pasangkan ke bagaian terminal kompresor bagian atas atau socket C (overload).

Setelah semua socket terpasang dengan benar kita langsung coba menghidupkan dengan mencolokkan tusuk kontak ke sumber arus listrik 220 volt.

Jika kompresor bisa berjalan kembali berarti kita berhasil membuat kompresor start kembali, jika tidak berjalan berarti kemungkinan kompresor sudah dalam kondisi parah.

Untuk kompresor yang sudah mengalami kerusakan yang parah kita harus membelahnya ya guys untuk mengetahui kondisi di dalam kompresor tersebut, di lain kesempatan mungkin kita akan membahas tentang cara mengatasinya.

Cara yang ke 2 mengatasi kompresor kulkas macet

Cara yang kedua ini bisa di bilang lebih beresiko ya guys, jika di bandingkan dengan cara yang pertama, hal ini karena kita akan membuat kompresor berjalan kembali dengan menghubungkan singkat antara terminal S dan M. 

Seperti apa caranya? Yuk kita langsung ke TKP!

Sediakan tusuk kontak dan sambungkan dengan 2 buah kabel, kemudian pasanglah ke terminal M dan kabel yang satunya ke terminal C atau terminal paling atas.

Setelah itu colokan tusuk kontak ke sumber tegangan 220 volt! Kemudian gunakanlah obeng yang panjang dan tempelkan ke terminal M dan S dengan cara tempel angkat dan tempel angkat, jika kompresor sudah berjalan hentikan tindakan tadi ya guys. Jika kompresor sudah berjalan kembali kita berhasil membuat kompresor hidup kembali.

Ok sobatku semua, demikianlah tadi pembahasan tentang cara mengatasi kompresor kulkas macet, semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi sobatku semua terutama bagi pemula yang sedang mencari informasi tentang cara mengatasi kompresor kulkas macet. Sampai berjumpa kembali di lain kesempatan, salam dingin. 











Posting Komentar untuk "Cara mengatasi kompresor kulkas macet"