Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengecek heater dan timer kulkas 2 pintu

 

Cara mengecek heater dan timer kulkas

Juraganacee.com - Cara mengecek heater dan timer kulkas 2 pintu akan menjadi topik pembahasan kita kali ini, bagi sobatku yang belum memahami tentang cara ini simak sampai selesai ya guys!

Cara yang akan saya sampaikan ini tanpa harus membongkar ataupun melepas komponen atau kabel yang ada di dalam instalasi, sobat cukup mengeluarkan timer dari dudukannya saja.

Sebenarnya untuk melihat Timer dan heater dalam kondisi baik atau tidak kita bisa melepaskannya dari dalam kulkas dan mengeceknya di luar dengan menghubungkan  ke sumber listrik langsung sehingga kita bisa mengetahui kondisi dari ke 2 komponen tersebut.

Tetapi dengan cara yang akan saya jelaskan ini sobat tidak perlu melepaskan kedua komponen tersebut dari dalam kulkas, sobat cukup mengeceknya dari socket-socket yang ada di timer kulkas.

Ok guys! Kita langsung ke pokok pembahasan ya!

Langkah-langkah untuk mengecek timer kulkas 2 pintu

Untuk melakukan pengecekan ini  pertama yang harus sobat lakukan adalah melepas atau mengeluarkan timer dari dudukannya dan keluarkan dari kotak box nya.

Langkah selanjutnya perhatikanlah posisi kulkas apakah dalam posisi kompresor hidup atau posisi defrost?

Jika kulkas dalam kondisi kompresor hidup lakukan cara ini!

Gunakanlah obeng - (kecil) dan putar lubang kecil di timer berlawanan arah jarum jam sampai terdengar bunyi klik! Dan perhatikanlah kulkas sekarang dalam posisi standby atau defrost.

Dalam posisi ini timer harus dalam kondisi hidup atau berjalan dan itu artinya timer masih bagus, jika timer tidak berjalan itu artinya timer rusak. Timer akan berhenti jika Bimetal terhubung.

Langkah-langkah untuk mengecek heater kulkas 2 pintu

Untuk pengecekan ini gunakanlah tang ampere untuk mendeteksi heater bekerja atau tidak.

Langkah pertama pasang tang ampere pada colokan listrik yang masuk ke kulkas!

Posisikan timer pada defrost atau saat pencairan es, kemudian jumper lah pin 1 dan pin 2 menggunakan kabel dan perhatikan tang ampere akan naik di ukuran 0,4 A sampai ke 0,6 A itu artinya heater bekerja dan masih bagus.

Ok guys seperti itu ya cara mengecek heater dan timer kulkas 2 pintu, cara ini akan lebih cepat jika dibandingkan dengan membongkar ke 2 komponen tersebut.
 
Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna ya guys, selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara mengecek heater dan timer kulkas 2 pintu"