Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara pasang ELCB

 

Cara pasang ELCB

Juraganacee.com - Cara pasang ELCB untuk instalasi listrik di rumah kita cukup mudah dan gampang, asal tahu teori dan cara pemasangannya.

Kegunaan dari ELCB ini pun sangat bermanfaat karena alat ini bisa mengamankan dan mencegah jika listrik di rumah kita terjadi kebocoran arus listrik.

Kegunaan ELCB

Cara pasang ELCB

  1. Perlindungan arus bocor.
  2. Proteksi terhadap manusia 30 mA.
  3. Proteksi bahaya kebakaran 300 mA.
Setiap peralatan listrik biasanya ada kelebihan dan kekurangannya termasuk juga ELCB ini, untuk pemasangannya di perlukan alat bantu lain yaitu MCB karena ELCB ini tidak mempunyai proteksi untuk beban lebih dan hubungan singkat di instalasi rumah kita.

Untuk itu jika anda memasang ELCB harus juga di lengkapi dengan memasang MCB.

Mengapa demikian? 

Alasannya adalah jika Anda hanya memasang ELCB maka jika instalasi di rumah kita terjadi hubungan singkat dan beban berlebihan maka ELCB tidak akan bisa mendeteksi sehingga aliran arus tidak akan trip atau putus sehingga akan berbahaya untuk keselamatan keluarga.

Untuk itu kita memerlukan MCB untuk bisa mendeteksinya jika terjadi gangguan seperti yang saya sebutkan di atas.

Cara pasang ELCB

ELCB (earth leakage circuit breaker) sekilas bentuk nya seperti MCB dan mempunyai impedansi tinggi, dan tidak boleh di pasangkan jika arus singkat lebih dari 6 KA.

Cara pasang ELCB yaitu setelah KWH meter PLN dan sebelum MCB di rumah kita.

Untuk pemasangan jalur kabel ELCB ini perhatikan gambar di atas, di sini saya menggunakan 1 ELCB, dan 2 MCB. 

Jalur Line dari KWH meter masuk ke ELCB bagian L dan jalur netral masuk ke netral, perhatikan ya ini jangan sampai terbalik harus benar, kemudian keluaran dari ELCB jalur L masuk ke MCB, dan netral ke beban netral dan untuk ground masuk ke ground beban.

Cara kerja ELCB

Cara kerja dari alat ini cukup sederhana dan mudah di pahami. Alat listrik yang berjalan normal mempunyai arus yang seimbang antara plus dan netral nya, sehingga tidak ada perbedaan arus , dan jika ada orang yang tersengat listrik maka akan ada arus tambahan dan di saat inilah ELCB bekerja yaitu dengan mendeteksi perubahan arus yang terjadi dan akan memerintahkan kepada MCB untuk memutus arus.

Batas aman arus yang mengalir sekitar 30 mA dan ini cukup untuk mengaktifkan relay dan memberi perintah ke MCB.

Contoh merk ELCB :
  • Schneider electric.
  • Chint.
  • Mitshubishi electrik.
  • Ewing.
  • Hager.
  • ABB.
Ok sobatku semua, semoga informasi ini bisa menambah ilmu dan pengetahuan bagi kita semua ya guys, dan selamat beraktifitas kembali


Posting Komentar untuk "Cara pasang ELCB "