Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cek doorlock front loading 4 pin

 Juraganacee.com - Tipe doorlock untuk mesin cuci jenis front loading ada beberapa macam, biasanya ada yang menggunakan 3 pin, 4 pin dan 6 pin.

Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang doorlock 3 pin, dan di kesempatan ini kita akan mengulas tentang cara cek doorlock front loading 4 pin.

Penampakan doorlock bisa anda lihat seperti pada gambar di bawah ini.

Cara cek doorlock front loading 4 pin

Di gambar yang ada di atas ini adalah penampakan gambar doorlock mesin cuci jenis front loading biasanya di gunakan di mesin cuci Electrolux dan beberapa merk lain.

Nah di sini saya akan membahas tentang bagaimana cara cek kondisi doorlock ini, apakah masih bisa berfungsi atau tidak?

Tetapi sebelum kita mengecek kondisi doorlock ini pastikan semua komponen mesin cuci dalam kondisi normal.

Mengapa demikian?

Karena jika kondisi doorlock dalam kondisi masih bagus tetapi komponen lain mengalami kerusakan maka percuma saja kita cek doorlock ini karena mesin cuci juga tidak akan bisa berjalan dengan normal jika masih ada komponen lain yang rusak.

Ok sobat kita langsung ke pokok pembahasan kita kali ini!

Cara cek doorlock front loading 4 pin

  • Persiapkan 3 buah kabel secukupnya dan sambungkan menggunakan tusuk kontak.
  • 1 kabel kita sambungkan ke posisi command di doorlock yaitu pin no.3  dan ujungnya kita sambungkan ke tusuk kontak kemudian 2 kabel kita jumper dan di sambungkan ke PTC yaitu ke pin no.1.
  • Di bagian pin no.1 atau kabel yang kita jumper tadi salah satu kita sambungkan ke tusuk kontak dan yang lain kita biarkan saja, kabel ini untuk kejutkan PTC agar saklar bisa bergerak naik turun jika kita sambungkan ke pin no.2 nantinya.
  •  Setelah itu kita colokan tusuk kontak ke tegangan 220v.
  • Langkah selanjutnya sambungkan kabel jumper dari pin no.1 ke pin no.2 dan perhatikan saklar pengunci akan naik dan turun jika kita sambung dan kita lepaskan secara bergantian.
  • Pada saat saklar naik kita lepaskan tusuk kontak dari listrik PLN.
  • Ukur menggunakan multitester di antara pin command atau pin 3 dengan pin 4 jika tersambung itu artinya doorlock dalam kondisi baik dan bisa di gunakan.
Note : sebaiknya bersihkan plat saklar agar terkoneksi dengan baik dengan cara kita gosok menggunakan amplas.

Ok sobat ku demikian ulasan singkat tentang cara cek doorlock front loading 4 pin semoga ulasan ini bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Selamat mencoba!



1 komentar untuk "Cara cek doorlock front loading 4 pin"

  1. Sore Mas
    Sy punya doorlock 4 pin meain cuci ipso frontloading. Membaca artikel mas apakah pin 1dan pin2 itu yg di jumper krn ay lihat fisik doorlock stlah sy buka pin 1dan 2 itu terhubung ke 2 buah plat jd katakan sprt platina motor platina motor. Sy lihat diagram skematiknya itu kabel ke modul inverternya diberi nama signal Dorr lock sense.

    Apakah benar pin 1 dan Pin 2 yg prrlu sy jumper tsb..
    Atau bisakah sy kirimkan diagram skematiknya dan door lock teb via email kemana alamatnya email sy jimmybinges@hmail.com
    Trima kasih mas

    BalasHapus