Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki mesin cuci tidak bisa berputar

 

Cara memperbaiki mesin cuci tidak bisa berputar
Juraganacee.com - Cara mengatasi mesin cuci yang tidak bisa berputar ada beberapa macam cara, dan cara yang di gunakan tergantung dari kerusakan yang di alami oleh mesin cuci tersebut, dengan menganalisa dan memeriksa bagian-bagian penting yang berhubungan dengan putaran motor mesin cuci, kita bisa menentukan kerusakan apa yang terjadi dan bisa memperbaiki kerusakan tersebut.

Di sini kita akan membahas tentang penyebab apa saja yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada sebuah mesin cuci terutama pada mesin cuci jenis 2 tabung atau 1 tabung top loading.

Penyebab mesin cuci tidak bisa berputar 

Beberapa penyebab mesin cuci jenis 2 pintu dan 1 pintu tidak bisa berputar biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor di antaranya adalah :
  1. Karet fanbelt putus atau terlepas dari jalurnya.
  2. Motor penggerak terbakar atau rusak.
  3. Kapasitor motor rusak atau menurun kapasitasnya.
  4. Jalur kabel kelistrikan mesin cuci putus.
  5. Gear box rusak atau macet.
  6. Sekering putus.
  7. Dudukan motor bergeser dari tempatnya.
  8. Modul mesin cuci rusak.
Faktor-faktor yang saya sebutkan di atas bisa terjadi pada semua merk mesin cuci terutama mesin cuci yang sudah berumur tua, apalagi jika mesin cuci tidak pernah di rawat dan di letakkan di tempat yang lembab.

Tips peletakan mesin cuci


Salah satu cara agar mesin cuci awet dan tahan lama adalah dengan cara meletakkan posisi mesin cuci pada tempat yang kering dan tidak lembab agar semua komponen mesin cuci tidak cepat berkarat.

Solusi mengatasi mesin cuci tidak bisa berputar

Solusi untuk mengatasi jika terjadi kerusakan pada mesin cuci yang tidak bisa berputar adalah sebagai berikut :
  1. Jika kerusakan terjadi pada karet fanbelt yang putus ini bisa kita atasi dengan cara menggantinya dengan yang baru, tidak ada cara lain selain itu iya kan...coy..? He he.
  2. Kemudian jika kerusakan tidak bisa berputarnya mesin cuci yang di sebabkan oleh motor nya yang rusak ini juga sama saja yaitu dengan mengganti motor tersebut dengan motor yang baru.
  3. Kapasitor mati atau rusak atau sudah menurun nilai kapasitasnya ini juga kita wajib menggantinya dengan yang baru, dan usahakan dengan mengganti sesuai dengan ukuran aslinya, jadi jangan mengganti dengan ukuran lain apalagi berbeda jauh dari ukuran aslinya. Karena ini akan mempengaruhi kinerja dari motor nya, jika di ganti dengan yang jauh lebih besar akan membuat si motor cepat panas dan ujung-ujungnya rusak lagi. Begitu pula jika diganti dengan yang jauh lebih kecil kemungkinan motor tidak akan berputar atau malah akan merusak lilitan dan kumparan yang ada di motor tersebut.
  4. Untuk mengatasi kerusakan yang di sebabkan oleh putusnya kabel instalasi solusinya bongkar jalur-jalur kabel yang ada di mesin cuci dan periksa jalurnya jika terlihat putus sambung kembali dan lakukan penggantian jika di perlukan.
  5. Gear box mengalami kerusakan atau macet cara mengatasi nya adalah dengan membongkar gear box tersebut dan lakukan perbaikan jika tidak bisa di atasi ganti dengan yang baru.
  6. Sekering putus solusinya ganti dengan yang baru dan usahakan tetap harus di pasang sebagai pengaman agar bisa melindungi komponen yang lain jika terjadi lonjakan tegangan atau hubungan arus pendek di dalam instalasi listrik dalam mesin cuci.
  7. Tidak bisa berputarnya motor mesin cuci yang di sebabkan oleh bergesernya dudukan motor bisa di atasi dengan membongkar baut yang ada di bawah motor dan menggeser kembali agar fanbelt bisa kencang kembali dan bisa memutar pulsator dengan baik. Intinya adalah penyebab tidak bisa berputar karena fanbelt terlalu kendor sehingga hanya berputar tetapi tidak bisa menarik karet fanbelt yang tugasnya memutar pulsator.
  8. Penyebab terakhir adalah karena modul rusak, ini bisa saja terjadi karena modul rusak sehingga mesin cuci tidak bisa berputar dan beroperasi dan ini solusinya adalah, lakukan pengganti modul dengan yang baru atau lakukan perbaikan pada modul dan pasang kembali.
Ok guys!

Kesimpulan

Jadi pada intinya penyebab terjadinya kerusakan tidak bisa berputarnya mesin cuci mempunyai banyak faktor dan kita bisa memperbaikinya dengan cara menganalisa dan memeriksa semua komponen yang ada dan berhubungan dengan motor karena motor adalah sebagai alat penggerak sebuah mesin cuci, karena jika tidak bisa berputar berarti motor di dalam mesin cuci tersebut berarti bermasalah.

Ok sobatku! Semoga apa yang saya sampaikan di atas bisa bermanfaat terutama bagi teknisi pemula dan belum berpengalaman sehingga masih membutuhkan informasi tetang cara perbaikan mesin cuci.
Salam dan sehat selalu.

Posting Komentar untuk "Cara memperbaiki mesin cuci tidak bisa berputar"