Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab genset tidak bisa di matikan

 

Penyebab genset tidak bisa di matikan

Juraganacee.com - Genset anda tidak bisa di matikan? Atau genset bisa di hidupkan tetapi sewaktu akan di matikan tidak mau mati?

Kenali penyebab genset tidak bisa di matikan, agar bila suatu saat genset anda mengalami trouble semacam ini anda bisa mengatasinya sendiri.

Dengan mengetahui apa yang menyebabkan genset tidak bisa di matikan ini tentu akan menguntungkan bagi anda yang mempunyai genset di rumah.

Karena tidak mustahil suatu saat genset anda akan mengalami trouble seperti ini.

Ada beberapa penyebab mengapa genset tidak bisa di matikan, di postingan ini kita akan membahas tentang beberapa penyebab genset bisa di hidupkan tetapi saat akan di matikan atau kunci on/off sudah kita putar ke kiri tetapi genset tidak bisa mati.

Penyebab genset tidak bisa di matikan

1.Saklar rusak

Penyebab yang pertama adalah karena saklar rusak atau tidak berfungsi dengan normal sehingga tidak bisa memutus atau menyambung jalur kabel dari masa ke body, Karena untuk mematikan genset adalah dengan menyambungkan kabel masa ke body genset, jika ini tidak berfungsi baik maka genset akan sulit di matikan.

2.kabel putus

Penyebab yang ke dua adalah kabel putus di jalan, jika saklar on/off dalam kondisi baik tetapi genset tidak bisa di matikan periksa jalur kabel dari masa ke body, jika putus sambung kembali dan berilah isolasi dengan baik.

3.kunci on/off rusak

Selain menggunakan saklar ada beberapa genset yang menggunakan kunci kontak atau sejenis kunci 0n/off yang di gunakan untuk mematikan dan menghidupkan mesin genset, seringkali kunci ini mengalami soak dan eror di bagian dalam kunci sehingga jika ini rusak sebaiknya ganti dengan yang baru.

Perawatan genset

Untuk menghindari kerusakan genset lakukan perawatan rutin agar genset berumur lebih lama, tanpa perawatan yang baik genset merk apapun akan cepat rusak apalagi jika genset tersebut berada pada tempat yang lembab.

Kebanyakan orang jika genset tidak di gunakan mereka hanya meletakkan sembarangan saja tak peduli apakah lembab atau kering dan akan menyebabkan genset cepat rusak.

Untuk itu lakukan perawatan dan tempat kan genset di tempat yang kering dan udara bisa bersirkulasi dengan baik.

Tips perawatan untuk genset

  • Apabila genset sering di gunakan lakukan tap oli paling tidak 3 atau 4 bulan sekali.
  • Bersihkan saringan udara atau filter dari debu dan kotoran yang ada.
  • Bersihkan karburator agar bekerja maksimal dan tahan lama.
  • Periksa bahan bakar yang di gunakan jangan sampai kehabisan bahan bakar agar sewaktu-waktu listrik padam genset selalu siap di hidupkan.
Ok guys demikian artikel kita kali ini semoga dapat bermanfaat dan berguna jika anda mempunyai genset di rumah dan mengalami kendala seperti pembahasan kita kali ini.

Salam persahabatan selalu.




Posting Komentar untuk "Penyebab genset tidak bisa di matikan"