Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbaikan router TP-link TL-WR840N tersambar petir

 

Perbaikan TP-link TL-WR840N

Juraganacee.com - Perbaikan router TP-LINK TL-WR840N terkena petir cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah, tentunya dengan syarat anda harus tahu tentang elektronika, jika anda belum paham lebih baik serahkan kepada orang yang sudah ahli ya guys.

Di sini saya akan berbagi sedikit tentang cara membongkar dan memperbaiki sebuah router WiFi terutama merk TP link TL-WR840N. Jadi beberapa waktu yang lalu WiFi yang saya gunakan menggunakan merk ini terkena Sambaran petir di mana petir tersebut sangat keras dan menghanguskan beberapa alat elektronik saya dan termasuk router TL-WR840N milik saya di rumah.

Nah di kesempatan ini sekalian saya akan memperbaikinya dan  berbagi pengalaman dengan anda semua tentang cara perbaikan router ini.

Langkah perbaikan 

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa kondisi adaptor sebagai power suplay dari router ini. Biasanya menggunakan adaptor 9 volt. Periksa tegangan keluar dari adaptor ini menggunakan avo meter atau multimeter. Cek apakah tegangan 9 volt keluar dari adaptor yang di gunakan.

Jika tegangan tidak keluar dari adaptor ini dapat di pastikan adaptor bermasalah.

Kemudian lanjut ke pengecekan modul dari router ini, langkah yang harus anda lakukan adalah dengan memberikan tegangan 9 volt ke modul, jika adaptor bawaan dari router mati anda bisa menggunakan adaptor lain yang tegangannya sama yaitu 9 volt.

Keluaran tegangan ini bisa anda dapatkan dari adaptor bekas DVD,antena TV atau adaptor lain yang keluarannya 9 volt.

Untuk perbaikan yang saya lakukan menggunakan adaptor bekas dari DVD karena tegangan sama yaitu 9 volt. Di sini saya menggunakan adaptor ini untuk mengecek apakah modul bisa berfungsi atau tidak setelah di beri tegangan.

Dan ternyata modul mati dan tidak berfungsi, kemudian saya coba periksa komponen elektronik yang di gunakan dan ternyata terdapat elco berukuran kecil 2kv yang mati dan terbakar terlihat di bagian body elco tersebut.

Setelah saya lakukan penggantian komponen ini dan berukuran sama sesuai dengan ukuran aslinya, maka setelah saya nyalakan ternyata modul bisa berfungsi normal kembali.




Kesimpulan


Dengan demikian Saya bisa menyimpulkan bahwa matinya modul router ini disebabkan oleh terbakarnya elco 2kv di dalam rangkaian elektroniknya.

Selain itu Yang perlu anda perhatikan adalah jangan terpatok dengan perbaikan yang saya lakukan ini karena setiap kerusakan bisa jadi tidak sama atau berbeda cara penangananya, ini hanya kebetulan saja yang mati adalah elco di lain kasus mungkin komponen lain yang mati.

Ok guys!

Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan berguna bagi kalian yang sedang mencari tambahan informasi tentang cara perbaikan router WiFi terutama merk TP-Link TL-WR840N

Posting Komentar untuk "Perbaikan router TP-link TL-WR840N tersambar petir"