Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara pemasangan flow switch pompa pendorong

 

Flow switch pompa pendorong

Juraganacee.com - Water flow switch merupakan sensor untuk pompa pendorong, letaknya ada di outlet dari sebuah mesin pendorong.

Pompa pendorong sendiri berfungsi untuk menambah daya tekan air yang mengalir ke titik-titik kran yang di gunakan pada instalasi air di rumah maupun hunian tempat tinggal.

Nah, di instalasi air ini lah yang biasanya menggunakan sensor seperti flow switch ini, dimana fungsi nya untuk menghidupkan mesin pompa pendorong agar air bisa mengalir lebih kenceng.

Cara kerja flow switch

Di dalam sensor flow switch ini di dalamnya menggunakan membran atau lidah sensor yang akan bekerja menekan atau menarik lidah sensor tersebut sehingga dapat menghidupkan atau mematikan arus yang menuju ke mesin pompa pendorong.

Water flow switch menggunakan dorongan air dimana ketika keran di buka air dari tangki akan mendorong lidah sensor pada sensor tersebut dan akan menyambungkan arus sehingga pompa pendorong akan hidup dan jika dorongan air berhenti karena keran di tutup maka pompa pendorong akan mati karena lidah sensor menutup kembali.

Cara pemasangan flow switch pompa pendorong

Material yang digunakan untuk pemasangan flow switch ini adalah sebagai berikut :
  • Gergaji besi.
  • Lem 
  • Isolasi listrik.
  • Sok drat dalam 1 inchi.
  • Sok drat luar 1 inchi.
  • Isolasi TBA.
  • Flow switch.
  • Water mur 3/4 inchi atau 1inchi tergantung instalasi air di rumah anda.
Bahan yang di gunakan tersebut bisa berbeda jika instalasi di rumah anda berbeda dengan ukuran standard yang biasa di gunakan dalam instalasi sebuah gedung.

Cara pemasangannya adalah sebagai berikut :

Jika anda menggunakan pompa pendorong seperti washer maka kita tinggal memasangkan naple flow switch ke dalam jalur keluaran dari pompa, tetapi biasanya ada  2 jenis ukuran yaitu ukuran 3/4 atau 1 inchi kita tinggal menyesuaikan saja menurut kondisi yang ada.

Kemudian untuk keluaran dari flow switch kita menggunakan sok drat dalam dengan di sambungkan menggunakan lem ke Pralon keluar menuju ke titik keran.

Kecangkan sok drat tersebut gunakan kunci Inggris atau badut agar tidak terjadi kebocoran instalasi dan gunakan isolasi atau TBA.

Sambungkan juga socket dari flow switch ke source power pada pompa pendorong yang ada.

Jika sudah selesai cobalah untuk menghidupkan pompa pendorong tersebut jika tidak terjadi kebocoran berarti kita berhasil melakukan instalasi flow switch tersebut.

Untuk lebih jelasnya tonton video tentang cara pemasangan flow switch di bawah ini!




Kesimpulan

Pada intinya flow switch sangat di perlukan untuk sebuah instalasi air yang menggunakan pompa pendorong, tanpa sensor ini instalasi tidak akan bisa sempurna karena tidak ada yang menghidupkan dan mematikan pompa pendorong secara otomatis.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semua, salam dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Cara pemasangan flow switch pompa pendorong"