Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa kondensor AC harus di bersihkan

 

Mengapa kondensor AC harus di bersihkan

Juraganacee.com - Kondensor merupakan jenis penukar panas dengan tujuan untuk merubah gas menjadi cairan dengan menurunkan suhu gas tersebut.

Proses kondensasi

Proses nya adalah saat pipa kondensor menjadi panas dan di keluarkan menggunakan blower pada outdoor unit untuk membuang panas tersebut.

Untuk dapat meresap hawa panas kondensor di buat menjadi dingin dengan bantuan refrigerant agar terjadi kondensasi dan hawa panas di buang melalui blower ke udara sekitar, dan setelah panas di buang gas refrigerant akan berubah menjadi cair.

Jenis kondensor

  • Kondensor dengan pendinginan menggunakan air, ini biasanya di gunakan untuk pabrik dan industri yang besar sebagai media pendingin nya karena berskala besar.
  • Kondensor dengan pendinginan udara, ini biasa di gunakan pada AC ruang dan sejenisnya.
  • Kondensor dengan pendinginan uap, ini jenis yang di gunakan pada jaman dahulu untuk sekarang jarang yang menggunakan kondensor jenis ini.

Mengapa kondensor harus di bersihkan secara berkala

Secara kasat mata kita bisa melihat pada kisi-kisi dinding kondensor jika terlihat kotor dan berdebu, kondisi seperti ini harus segera di bersihkan karena jika tidak maka kerja kompresor akan menjadi sangat berat.

Tidak hanya itu saja jika itu di biarkan maka kondensor akan cepat bocor dan rusak karena hawa panas tidak bisa terbuang karena sirkulasi udara tidak lancar.

Dengan demikian sebaiknya kondensor harus di bersihkan secara berkala dan rutin agar awet dan bisa tahan lama.

Berapa bulan sekali untuk pembersihan kondensor

Kondensor dengan jam terbang yang tinggi dan dengan lingkungan yang berdebu sebaik nya di bersihkan secara berkala antara 2 sampai 3 bulan sekali.

Sedangkan untuk penggunaan yang lebih jarang pemakaiannya sebaiknya di bersihkan secara berkala antara 4 Sampai 5 bulan sekali.

Kondensor banyak di gunakan untuk sistem pendingin seperti AC ruang,kulkas,dispenser,frezer dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Jadi jika ingin kondensor bisa awet dan tahan lama hal penting yang harus dilakukan adalah perawatan rutin agar bisa bekerja maksimal dan tahan lama.

Ok sobat!

Demikianlah pembahasan tentang kondensor yang harus di bersihkan secara rutin dan berkala, semoga artikel ini bermanfaat dan salam dingin.

Posting Komentar untuk "Mengapa kondensor AC harus di bersihkan "