Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab air tidak naik pada air cooler

 

Air tidak naik pada air cooler

Juraganacee.com - Penyebab tidak naik nya air di bak penampungan pada air cooler bisa di sebabkan oleh beberapa faktor.

Faktor-faktor tersebut bisa kita atasi atau tidak akan terjadi jika pemilik air cooler tahu dan paham cara kerja dari air cooler dan cara perawatan nya.

Lalu apa saja yang menyebabkan air di bak penampungan tidak bisa naik akan kita bahas pada artikel saya kali ini.

Fungsi pompa air pada air cooler

Fungsi utama dari pompa air yang ada pada air cooler adalah menaikan air dari bak penampungan ke dalam kisi-kisi pendingin untuk kemudian di hisap oleh blower dan di hembuskan untuk mendinginkan ruangan.

Itu lah fungsi utama dari pompa air ini, jika tidak berfungsi normal tentunya ruangan tidak akan bisa dingin sebab hawa dingin dari air cooler tidak keluar atau hanya angin saja yang keluar dari air cooler.

Oleh sebab itu penting bagi pemilik untuk selalu menjaga dan melakukan pengisian air jika habis atau sudah berkurang.

Sebab-sebab air tidak naik dari bak penampungan air cooler

  • Pompa air mati atau rusak.
Jika pompa rusak tentunya air tidak akan bisa naik, dan berakibat air cooler tidak dingin solusi dari permasalahan ini adalah dengan mengganti pompa dengan yang baru agar air bisa naik kembali untuk mendinginkan ruangan.
  • Air di bak penampungan habis.
Penyebab yang lain nya adalah  air habis dan jika ini terjadi kita wajib mengisinya kembali, dan jangan biarkan hal ini terjadi terus menerus karena bisa merusak komponen lain seperti modul dan sensor air.
  • Filter pompa air tersumbat kotoran.
Penyebab lainya adalah tersumbatnya jalur air masuk pada pompa, solusinya adalah dengan membersihkan kotoran yang menyumbat pada filter pompa dan pastikan air bisa terhisap oleh pompa air tersebut.
  • Modul rusak.
Modul rusak atau tidak mengirim perintah untuk menghidupkan pompa, hal ini bisa saja terjadi jika modul mengalami eror sehingga solusinya adalah dengan memperbaiki modul agar bisa berjalan normal kembali.

Alternatif jika pompa rusak

Jika pompa air rusak segera ganti dengan yang baru dan jika part yang asli tidak tersedia kita bisa mengganti dengan pompa air untuk aquarium yang berkapasitas kecil sesuaikan dengan pompa yang asli dan jangan terlalu besar karena jika terlalu besar air akan tumpah dari jalur air cooler yang ada.

Usahakan sesuai dan cocok untuk sirkulasi keluar masuknya air pada air cooler tersebut.

Ok sobat ! 

Demikian pembahasan kita kali ini tentang pompa air pada air cooler yang tidak bisa naik dari bak penampungan, semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi di artikel saya selanjutnya.
Salam .


Posting Komentar untuk "Penyebab air tidak naik pada air cooler"