Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbaikan kulkas Samsung 2 pintu side by side

Perbaikan kulkas Samsung 2 pintu side by side mati total

Juraganacee.com -Hai sobat selamat berjumpa kembali di blog juraganacee.com, di pertemuan kita kali ini kita akan membahas tentang cara perbaikan kulkas merk Samsung 2 pintu samping side by side.

Kerusakan kulkas ini berada pada modul yang tidak bisa bekerja secara normal, karena kulkas ini mati total dan tidak bisa hidup dan tidak ada pergerakan apapun, baik lampu indikatornya maupun kompresor juga tidak bisa hidup.

Kerusakan seperti ini dapat kita  pastikan kalau modul kulkas Samsung ini bermasalah, bisa mungkin terbakar atau komponennya ada yang mati. 

Dan kerusakan seperti ini biasanya juga bisa di sebabkan karena listrik yang tidak masuk ke modul atau power suplay modul tidak bekerja dengan baik.

Kulkas Samsung 2 pintu

Cara pengecekan modul kulkas

Untuk pengecekan komponen-komponen kulkas Samsung yang mengalami mati total seperti ini,  langkah pertama yang harus anda lakukan adalah :
  • Pertama-tama cabut colokan kulkas dari stop kontak.
  • Siapkan multimeter atau avo meter putar knop ke pengukuran tegangan untuk mengecek tegangan di colokan listrik dari PLN.
  • Jika tegangan kurang lebih 220 volt kita lanjut dengan mencolokan tusuk kontak kulkas ke stop kontak.
  • Pemeriksaan selanjutnya kita mengukur tegangan sampai ke sekering atau fuse modul kulkas.
  • Jika tegangan sampai ke fuse kita lanjut ke bagian power suplay.
  • Ukur menggunakan multimeter semua bagian power suplay seperti dioda penyerahan arus DC resistor dan komponen lainnya jika mendapati ada komponen yang mati atau short segera ganti dengan yang baru.
  • Pastikan semua komponen tidak rusak jika mengalami kendala dalam penggantian part kita bisa mencari persamaan nya di modul yang sejenis dengan modul yang kita perbaiki.
Modul kulkas yang rusak tidak ada hubungannya dengan kerusakan pada sistem pendingin, jadi kita tidak perlu otak Atik bagian tersebut.

Jika semua komponen dalam keadaan sudah normal ketika di colokan kulkas akan bisa beroperasi dengan baik dan bisa dingin kembali seperti semula.

Usahakan dalam pengecekan komponen kulkas harus dengan hati-hati jangan sampai salah analisa karena akan berakibat pembengkakan biaya beli komponen.

Komponen seperti transistor harganya sudah lumayan mahal, apalagi mosfet itu lebih mahal lagi, jadi usahakan yakin untuk penggantian spare part ini.

Ok teman-teman semua demikian cara perbaikan atau langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk memperbaiki kulkas 2 pintu side by side.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam hangat selalu sampai berjumpa kembali di artikel saya selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Perbaikan kulkas Samsung 2 pintu side by side"