Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab vacum cleaner tidak kuat sedot debu

 Juraganacee.com - Apa penyebab vacum cleaner menjadi kurang kuat saat menyedot debu?

Vacum cleaner saat ini telah banyak kita jumpai di tempat-tempat seperti rumah,perkantoran,hotel,restoran,kampus bahkan masjid-masjid pun sudah banyak yang menggunakan alat ini.

Di samping kegunaannya yang sangat penting dan sangat di butuhkan oleh masyarakat mesin vacum cleaner ini juga dapat membantu mempercepat pekerjaan kita sehari-hari.

Penyebab vacum cleaner tidak kuat sedot debu

Di postingan kali ini saya akan membahas tentang beberapa penyebab vacum cleaner tidak kuat sedot debu dan cara mengatasinya.

Penyebab vacum cleaner lemah dan tidak kuat sedot debu

  1. Filter kotor.
  2. Mesin/motor vacum tidak berputar.
  3. Salah dalam pengoperasian mesin vacum cleaner.
  4. Selang vacum cleaner bocor/tidak rapat.

Cara mengatasinya

Jika mesin vacum cleaner yang anda gunakan mengalami kondisi seperti yang saya utarakan di atas silahkan simak penjelasan saya berikut ini!

Filter kotor

Untuk mengatasi masalah yang terjadi dimana kondisi vacum anda kurang kuat sedot debu dan di sebabkan adanya penumpukan kotoran pada filter cara mengatasinya adalah dengan membuka atau membongkar filter yang ada di bagian dalam mesin vacum anda.

Vacum cleaner

Perhatikan gambar di atas!

Itu adalah salah satu contoh filter yang di gunakan dalam sebuah mesin vacum cleaner, jika filter ini kotor dan jarang di bersihkan akan mempengaruhi kerja dari mesin vacum kita karena sirkulasi udara saat penyedotan debu berlangsung tidak bisa maksimal.

Salah satu cara untuk memperlancar sirkulasi tersebut kita harus membersihkan filter dengan cara melepaskan filter dari bagian dalam vacum dan membersihkannya dengan kompresor angin agar filter bisa berfungsi kembali dengan baik dan maksimal.

Motor vacum cleaner mati atau rusak

Penyebab lain selain filter kotor adalah mesin atau motor yang di gunakan mati atau rusak dan tidak berputar, untuk mengatasi permasalahan ini kita harus mengganti motor tersebut dengan yang baru atau bisa merakit ulang gulungan yang ada di dalam motor vacum tersebut.
Sekarang sudah banyak part atau motor khusus untuk mengganti vacum cleaner yang terbakar, terutama di toko-toko online yang ada seperti di shoope,Tokopedia,lazada dan lainnya.

Salah dalam pengoperasian mesin vacum

Penyebab yang ketiga adalah salah dalam pengoperasian mesin vacum cleaner.
Jika kita mempunyai mesin vacum usahakan saat pembelian mesin tersebut tanyakan ke pihak toko cara pengoperasiannya atau anda dapat melihat buku petunjuk yang ada di dalam box unit mesin tersebut.
Banyak saya temukan dan sering kali melihat pemilik mesin vacum tidak mengetahui cara menjalankan mesin vacumnya, sehingga mesin tersebut tidak bisa berjalan normal.

Untuk itu sangat penting bagi pemilik mesin vacum mengetahui cara pakai dan mengetahui cara pengoperasian dari mesin vacum yang mereka miliki.

Beberapa waktu yang lalu saya baru saja memperbaiki mesin vacum cleaner yang mengalami kondisi seperti yang saya utarakan di atas dimana mesin vacum tidak bisa menyedot debu dan di sebabkan karena filter yang ada di dalam mesin kotor setelah saya bersihkan menggunakan kompresor angin mesin tersebut bisa berjalan normal kembali.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang cara mengatasi mesin vacum cleaner yang mengalami kendala kurang kuat dalam menyedot debu semoga postingan ini bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penyebab vacum cleaner tidak kuat sedot debu"