Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

perbedaan ac split dan ac window

 Juraganacee.com - Apa perbedaan antara ac split dan ac window? Sebelum anda bisa menjawab pertanyaan ini, kenali dulu apa itu yang di maksud ac split dan ac window.

Jika anda belum tahu tentang kedua jenis ac tersebut, yuk! sama-sama kita bahas! Tentang perbedaan antara keduanya.

Split ac vs window ac

Split ac

Split ac biasanya berbentuk persegi panjang dan dapat di pasang di dinding menggunakan brecket indoor yang sudah ada pada bawaan ac jika anda membelinya, dengan bentuk yang lebih simple dapat di pasang di bagian atas dinding anda.

Selain itu karena bisa di pasang di dinding bagian atas maka akan lebih menghemat tempat di ruangan tersebut, karena di bagian lantai akan lebih luas.

kelebihan split ac


Salah satu kelebihan dari ac ini adalah pemakaian listrik lebih hemat jika di bandingkan dengan ac lainnya  seperti ac standing atau ac casset maupun ac window.

Meskipun bentuknya kecil tetapi ac split ini mampu mendinginkan ruangan lebih cepat bahkan terbilang cukup hebat dalam proses pendinginan nya dengan pemakaian listrik yang terbilang kecil.

Di lengkapi dengan remot kontrol yang dapat anda gunakan sewaktu anda malas bergerak dari tempat tidur dan dapat di hidupkan menggunakan aplikasi ponsel di handphone anda.

Kekurangan split ac

Meskipun split ac ini terbilang ngirit tetapi kelemahannya adalah di star awal saat ac di hidupkan karena saat itu pemakaian listrik untuk star awal akan melonjak sekitar 20% dari pemakaian normal.

Untuk itu pergunakan AC secara benar dan jangan di hidupkan dan sebentar lagi di matikan secara terus menerus karena itu akan membuat boros konsumsi listrik anda.

AC tidak boleh sering mati hidup jika anda ingin membayar tagihan listrik lebih irit, jika tidak siap-siap pembengkakan biaya tagihan listrik anda.

Itulah pengertian dari ac split yang mana ac tersebut juga mempunyai kelebihan dan kekurangan, sama seperti ac yang lain juga tentunya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Window ac

Ac window merupakan jenis ac yang semua komponennya berada pada satu tempat atau box khusus sebagai rumah semua komponen dari ac tersebut, dan semua komponen yang ada pada ac window sudah terintegrasi secara baik dan saling mendukung.

AC window memiliki bentuk kotak persegi panjang dan mempunyai ukuran yang berbeda tergantung kapasitas dari ac, semakin besar kapasitas nya maka ukurannya juga akan semakin besar.

Untuk ac window biasa digunakan untuk ukuran ruangan yang kecil walaupun kapasitas yang lebih besar juga tersedia tetapi kebanyakan hanya untuk ruangan yang kecil-kecil saja.

Di kalangan masyarakat di sekitar kita mereka lebih tertarik menggunakan ac split jika di bandingkan dengan ac window, karena ac split tidak berisik dan lebih populer, penggunaan ac window untuk saat ini pun jarang sekali peminatnya.

Komponen window ac

Komponen yang di gunakan di ac window semua berada pada satu tempat atau satu box khusus dan sudah tersusun dengan baik dan sudah terintegrasi, komponen-komponen tersebut hampir sama dengan komponen di dalam ac split seperti =
  1. blower.
  2. Unit kontrol atau modul.
  3. Evaporator.
  4. Katup ekspansi.
  5. Kondensor.
  6. Kompresor.
Semua komponen tersebut berada pada satu tempat dan tidak bisa di pisahkan karena sudah menjadi satu kesatuan sebagai mesin pendingin, jika salah satu saja bermasalah maka ac window tidak akan bisa berjalan normal.

Kelemahan window ac

Window ac terpasang pada dinding ruangan yang penempatannya biasanya dengan cara memberi lubang dengan ukuran sesuai box ac window tersebut, sehingga box ac masuk ke dalam lubang dinding yang telah di lubangi tersebut. 

Karena posisi ac window ini menempel di dinding sehingga akan berakibat adanya getaran yang kadang ac terkesan berisik dan tidak nyaman bagi si pemilik, sehingga banyak yang tidak menyukai jenis ac window ini.

Ok guys! 
itulah pembahasan kita kali ini semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua.
Salam.

Posting Komentar untuk "perbedaan ac split dan ac window"