Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blower ac

Juraganacee.com - Blower yang ada di dalam sebuah mesin pendingin  memiliki fungsi yang sangat penting terutama untuk perangkat elektronik seperti AC ruang,AC mobil dan peralatan lain yang membutuhkan sirkulasi udara yang baik.

Bahan dari blower ac


Blower AC biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan terhadap air guna nya agar blower lebih bisa bertahan lama jika terkena air.

Biasanya terbuat dari bahan mika atau plastik cor yang dapat menahan getaran dan kuat dalam menahan hembusan angin sewaktu blower tersebut berputar.

Jenis blower

Blower ada beberapa macam jenis tergantung fungsi dan kegunaannya ada yang di tempatkan di dalam evaporator AC ruang dan AC mobil maupun kulkas ada juga yang di tempatkan di dalam outdoor unit AC ruang dan kondensor sebuah kulkas.

Dari bentuk dan fisiknya blower AC juga bermacam-macam ada yang berbentuk centrifulgar dan daun kipas.

Blower ac

Blower AC ruang


Blower AC berfungsi untuk membuang atau menghembuskan udara yang ada di sekitar nya sehingga akan terjadi pergantian udara yang ada di ruangan tersebut.

Jika blower di tempatkan di outdoor sebuah AC ruang dia berfungsi sebagai pembuang hawa panas yang ada di kondensor sehingga udara panas dapat di buang dan memperlancar proses kondensasi AC tersebut.

Penyebab blower AC mati atau tidak bisa berfungsi

Jika blower AC mengalami kerusakan atau tidak bisa berputar itu bisa di sebab kan oleh beberapa hal di antaranya yaitu:
  • Motor rusak/lemah
  • Kapasitor lemah.
  • Jalur kabel putus.
  • Blower tidak dalam posisi balance/terkena dudukan body blower.

Solusinya

Untuk mengatasi hal-hal tersebut pastikan terlebih dahulu kerusakan apa yang terjadi sehingga kita tidak salah dalam menganalisa yang akan berakibat salah dalam penanganan perbaikannya.

Ganti part yang memang sudah rusak seperti kapasitor atau motor blower jika memang sudah mengalami penurunan kapasitas.

Blower AC mobil

Dalam sebuah instalasi AC mobil jika blower ini rusak penangananya pun akan berbeda karena blower AC menggunakan resistor maupun relay dan komponen lainnya berbeda dengan blower AC ruang biasa. Yang jelas pastikan kerusakan dan lakukan langkah-langkah selanjutnya untuk perbaikan nya.

Blower merupakan salah satu komponen pada AC mobil yang memiliki peranan sangat penting apabila mengalami kerusakan tentu akan menganggu kinerja AC mobil tersebut.

Berkat adanya blower AC ini suhu dalam kabin akan merata dan dingin anda hanya tinggal memutar saklar AC yang ada di panel dasbord  dan nyalakan thermostatnya.

Solusi jika blower AC mobil rusak

Penyebab blower AC mobil rusak bisa di sebabkan oleh matinya resistor untuk mengatasi hal ini ganti resistor dengan ukuran yang sesuai karena jika tidak sesuai akan mempengaruhi kecepatan putaran blower tersebut.

Penyebab lain bisa di sebabkan oleh matinya relay, solusinya adalah dengan mengganti relay tersebut dengan yang baru, penyebab lainnya bisa di sebabkan motor blower rusak atau mati dan solusinya adalah dengan mengganti dengan yang baru.

Kerusakan lainnya bisa di sebabkan karena saklar blower rusak atau sekering putus dan untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah dengan mengganti part tersebut dengan  yang baru, dan pada intinya kerusakan bisa saja terjadi dan penyebabnya bisa bermacam-macam, dan semua itu tergantung bagaimana kita dalam menganalisa dari setiap kerusakan yang terjadi dan cara mengatasinya.

Salam dingin.

Posting Komentar untuk "Blower ac "