Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi dispenser Sharp tidak keluar air

Juraganacee.com - Penyebab dispenser galon bawah tidak bisa keluar air, hal ini bisa di sebabkan oleh beberapa faktor dan hal ini bisa menyebabkan dispenser anda tidak normal.

Lalu, apa faktor-faktor yang dapat menyebabkan air di dalam galon tidak keluar dari kran dispenser?

Kita akan membahasnya dalam artikel saya kali ini.

Telah kita ketahui bahwa dispenser ada berbagai jenis dan tipe, dan masing-masing jenis mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Jenis dispenser

  1. Dispenser hot dan fresh.
  2. Dispenser hot dan cool.
  3. Dispenser hot ,fresh dan cool.
  4. Dispenser galon atas.
  5. Dispenser galon bawah.
Dari kelima jenis dispenser ini masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, tergantung jenis mana yang akan kita pilih dan sesuai dengan keinginan kita.

Terlepas dari itu semua, di sini kita hanya akan membahas tentang kerusakan yang mungkin bisa terjadi saat kita menggunakan dispenser tersebut, terutama dispenser jenis galon bawah yang sering tidak bisa mengeluarkan air saat kita pencet tombol atau kran airnya.

Jenis dispenser galon bawah


Jenis dispenser galon bawah ini di dalamnya menggunakan pompa dorong untuk menaikan air di dalam galon untuk selanjutnya di tampung di bak penampungan dispenser bagian atas.

Karena menggunakan dinamo pendorong atau motor pendorong, hal ini lah yang sering menyebabkan air tidak bisa naik ke tampungan dispenser bagian atas karena dinamo macet atau rusak.

Cara mengatasi dispenser tidak bisa keluar air



Kerusakan seperti ini bisa terjadi dan disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah:
  • Dinamo macet/rusak.
  • Kabel yang menuju dinamo putus.
  • Sensor pintu rusak.
  • Modul dispenser rusak.
Untuk cara mengatasi kerusakan yang terjadi seperti faktor-faktor yang saya sebutkan di atas adalah sebagai berikut:

  1. Dinamo macet/rusak
Sebelum kita memastikan bahwa dinamo pendorong rusak dan menyebabkan dispenser tidak bisa keluar airnya  sebaiknya kita tes terlebih dahulu dengan cara mengeluarkan dinamo tersebut dari dudukannya dan kita coba menggunakan adaptor 12 volt. Perhatikan dan amati apakah dinamo masih berfungsi atau tidak? 

Jika dinamo rusak ganti dengan yang baru, tetapi jika hidup tetapi air tidak bisa keluar berarti ada klep yang rusak di dalam dinamo tersebut.

Di sini saya akan mencontohkan dispenser merk Sharp yang rusak dinamo nya dan sama kasusnya seperti yang kita bahas pada artikel ini.

Jika dispenser anda merk Sharp dan mempunyai kendala seperti yang saya sebutkan di atas ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka dinamo dari mesin dispenser anda atau lepaskan dinamo tersebut beserta kabelnya.
  2. Kemudian buka baut yang ada di bagian depan yaitu 4 baut kecil penutup dinamo.
  3. Lepaskan perlahan penutup tersebut dan perhatikan agar nanti tidak lupa saat memasangnya kembali.
  4. Di dalam terdapat karet atau seal penahan untuk pompa pendorong nya biasanya karet tersebut putus dari penahannya.
  5. Solusi untuk penyambungan karet tersebut gunakan lem Korea atau lem G.
  6. Pastikan kuat dalam penyambungannya agar tidak terlepas kembali.
  7. Setelah dirasa kuat kembalikan seperti semula dan coba hidupkan kembali dengan menggunakan air. Agar kita bisa tahu apakah sudah bisa menyedot air kembali atau tidak.
  8. Jika sudah normal silahkan pasang kembali dinamo pada tempatnya semula.
Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video YouTube juraganacee berikut ini!


 2. Kabel dinamo putus

Untuk mengatasi dispenser tidak bisa keluar airnnya yang di sebabkan oleh  kerusakan putusnya kabel yang menuju ke dinamo pendorong kita cukup menyambungnya kembali dan pastikan kita isolasi dengan baik agar tidak terjadi kebocoran arus listrik.

 3. Sensor pintu rusak

Penyebab lain dari dispenser tidak bisa keluar air nya adalah karena sensor pintu rusak atau tidak konek. Perlu di perhatikan bahwa dinamo bekerja menunggu pintu bagian bawah dispenser harus tertutup karena jika terbuka maka dinamo belum mendapatkan sinyal dari modul sehingga dinamo belum bisa bekerja sebelum pintu di tutup, oleh karena itu pastikan sensor pintu berjalan baik jika tidak konek ganti dengan yang baru atau kita bisa jumper saja agar sensor pintu dapat tersambung kembali.

 4. Modul dispenser rusak

Penyebab dispenser tidak bisa keluar air selanjutnya adalah modul dispenser rusak atau eror, hal ini juga bisa menjadi penyebab air dalam dispenser tidak bisa keluar karena modul tidak bisa memerintahkan dinamo untuk bekerja di sebabkan karena modul mengalami eror, dalam hal ini kita harus mengecek dan memeriksa modul tersebut berjalan dengan baik dan normal, jika anda kurang faham tentang elektronika sebaik nya serahkan kepada ahli nya ya guys! He he.

Ok sobat!

Demikian lah ulasan kita kali ini tentang cara mengatasi dispenser tidak bisa keluar airnya yang dapat saya sampaikan semoga ulasan ini bermanfaat dan salam dingin selalu.

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi dispenser Sharp tidak keluar air"