Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal -hal yang dapat dan cepat merusak AC kita tanpa kita sadari

Juraganacee.com - beberapa penyebab yang sering kita lakukan dan itu tidak kita sadari bahwa hal tersebut dapat merusak AC kita.

Salah satunya adalah saat mengoperasikan AC tetapi salah dalam pengoperasiannya atau tidak tepat dalam settingannya.

Hal-hal yang dapat dan cepat merusak AC kita tanpa sadari

Sehingga hal itu dapat berakibat komponen pada AC anda akan cepat mengalami kerusakan, sama halnya dengan alat elektronik lainnya jika salah dalam pengoperasian nya maka itu dapat mempercepat kerusakan komponen. 

Untuk itu kita harus benar-benar memahami cara mengoperasikan AC dengan baik dan benar.

Di sini saya akan membagikan beberapa penyebab terjadinya kerusakan AC jika kita salah dalam pengoperasiannya.

1. Sering merokok saat menghidupkan AC 


Hal pertama yang sering kita lakukan adalah merokok di dalam ruangan sehingga itu dapat menyebabkan ruangan menjadi bau dan filter AC cepat kotor dan akan berwarna kuning kecoklatan, disamping udara tidak sehat ruangan juga akan terasa bau yang tidak baik untuk kesehatan kita.

Sebaiknya hindari hal tersebut dan merokok lah di luar ruangan yang tidak ada ac-nya ya guys!

2. AC tidak pernah di bersihkan atau di service.

Jika AC jarang kita bersihkan akan menyebabkan banyak bakteri yang kurang sehat di udara ruangan sehingga mengganggu kesehatan kita karena kita menghirup udara tersebut, alangkah baiknya jika AC anda di bersihkan secara rutin dan berkala agar terhindar dari masalah tersebut.

Kami sarankan untuk melakukan pembersihan AC secara rutin dan berkala setiap 3 atau 4 bulan sekali agar AC bersih dan terhindar dari penyakit.

3. Sering lupa mematikan AC 

Hal yang juga sering kita lakukan adalah sering lupa mematikan AC, ini juga berakibat listrik menjadi boros dan tidak efisien energi, jika ingin menghemat tagihan listrik anda jangan pernah lupa untuk memastikan AC anda karena daya listrik yang di konsumsi sebuah AC ruang cukup besar jadi berhati-hatilah dalam penggunaanya.

Atau jika memang anda pelupa saran kami adalah menggunakan timer dari remot ac, aturlah saat menghidupkan AC dan matikan AC menggunakan fitur tersebut agar AC lebih awet dan tahan lama.

4. Tidak memberi jeda saat menghidupkan AC kembali.

Hal ini juga dapat menyebabkan AC cepat rusak, yaitu menghidupkan AC sehabis di matikan. Cara yang tepat untuk menghidupkan AC kembali setelah di matikan adalah memberi jeda waktu beberapa menit agar tekanan freon di dalam sistem balance terlebih dahulu, baru menghidupkan AC kembali.

Berilah jeda beberapa menit saran saya sekitar 2 menit atau lebih biarkan AC dalam keadaan normal yaitu kompresor berhenti sejenak dan tekanan freon seimbang dalam sistem, sehingga hal ini dapat membuat kompresor lebih awet dan tahan lama.

5. Settingan suhu AC terlalu rendah.

Ini juga menjadi salah satu kesalahan kita yaitu mensetting suhu terlalu rendah sehingga mengakibatkan kompresor berjalan lebih lama untuk mencapai suhu yang kita inginkan.

Saran saya setting lah suhu dengan suhu yang tidak terlalu rendah atau sekitar 22 atau 23 derajat saja agar kompresor tidak terlalu keras dalam bekerja karena jika terlalu keras bekerja akan menyebabkan umur kompresor menjadi lebih cepat rusak.

Jika anda mensetting di suhu 16 atau 18 derajat bayangkan saja berapa lama kompresor bekerja untuk mendinginkan ruangan anda? 

Tentu kompresor akan bekerja extra keras untuk mendinginkan ruangan anda apalagi jika ruangan anda besar dan kapasitas AC tidak mencukupi kapasitasnya iya kan guys?

Untuk itulah kita harus pandai-pandai dalam mengatur settingan suhu untuk AC kita agar lebih awet dan tahan lama.

Posting Komentar untuk "Hal -hal yang dapat dan cepat merusak AC kita tanpa kita sadari"