Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kontaktor magnet

Juraganacee.com - Fungsi utama dari sebuah kontaktor magnet adalah sebagai saklar yang bekerja berdasarkan magnit yang ada di dalam kontaktor tersebut.

Tidak jauh berbeda dengan komponen seperti tombol tekan, perbedaanya adalah kontaktor di gerakan oleh magnit yang berada di dalam kontaktor dengan kumparan sebagai penggerak medan magnet tersebut.

Kontaktor magnet

Kontaktor juga dapat di gerakan secara otomatis menggunakan rangkaian khusus dan menggunakan sensor-sensor yang dapat menunjang bekerjannya sistem dalam rangkaian tersebut.

Kontaktor magnet sekarang ini banyak di gunakan dan sering kita jumpai di dalam rangkaian seperti air conditioner, heater, lampu lighting dan alat-alat industri lain nya dengan kapasitas yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan di sesuaikan dengan kegunaan masing-masing rangkaian.

Seperti contoh berikut ini di mana kontaktor di gunakan untuk mengontrol motor listrik untuk industri, kontaktor untuk mengontrol sebuah sistem lampu taman, kontaktor untuk mengatur timer mesin pendingin dan lain sebagainya.

komponen kontaktor magnet


Lalu apa saja komponen yang ada di terminal-terminal yang ada di dalam kontaktor magnet ini?
  1. coil (kumparan).
  2. kontak pembantu.
  3. kontak utama.
Masing-masing komponen ini penting karena saling berkaitan dan tidak bisa di pisahkan, coil berisi kumparan tembaga yang melilit di dalam kontaktor menggerakkan medan magnet yang juga ada di dalam kontaktor.

cara kerja kontaktor magnet


Cara kerja dari kontaktor magnet ini hampir sama dengan saklar atau relay elektromagnetik, dia akan bisa bekerja saat terhubung listrik atau pun tidak menyesuaikan dari kebutuhan.

Terdapat kontak NO,NC dan kontak utama serta kontak pembantu sebagai terminalnnya, sebelumnnya telah saya sampaikan tentang cara kerja kontaktor 1 phase dan kontaktor magnet juga hampir sama dengan kontaktor 1 phase tersebut.

Kontaktor  magnet ada beberapa macam salah satunya dan paling sering di gunakan adalah :   
  • kontaktor 3 phase.
  • kontaktor 1phase.                                                                    

Penggunaan dari kontaktor tidak boleh asal dan sembarangan dan tidak boleh asal pasang saja tetapi harus sesuai tegangan dan arus yang masuk ke kontakktor tersebut, jika salah dalam pemasangan itu berakibat fatal dan membahayakan banyak orang di sekitar kita.

Sekarang kontaktor magnet menjadi komponen yang sangat penting dan hampir semua rangkaian banyak yang menggunakan komponen ini baik untuk rangkaian dengan kapasitas yang besar maupun yang berkapasitas kecil.

Semoga bermanfaat dan berguna untuk menambah wawasan kita dan sampai berjumpa kembali.

Posting Komentar untuk "Kontaktor magnet"