Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbaikan modul mesin cuci Polytron zero matic mati total

 Juraganacee.com - Perbaikan modul mesin cuci Polytron zero matic mati total. Untuk cara perbaikan modul seperti ini cukup mudah dan gampang di lakukan asalkan tahu dan memahami tentang elektronika dan memahami jalur-jalur PCB sebuah modul.

Perlu sobat ketahui dalam perbaikan modul mesin cuci merk Polytron ini sobat harus memahami beberapa hal penting yang sering menjadi penyebab kerusakan, dimana kerusakan tersebut banyak di sebabkan oleh matinya beberapa komponen pada sirkuit power suplai nya.

Sebagai contoh disini saya akan memberikan sedikit contoh atau gambaran tentang cara perbaikan modul Polytron dengan kerusakan pada sirkuit power suplai nya.

Perbaikan modul mesin cuci polytron


Langkah-langkah perbaikan power suplai mesin cuci Polytron

  • Langkah yang pertama adalah dengan melepas modul dari tempatnya dengan membongkar bagian modul di bagian depan dengan melepas beberapa baut penahan modul.
  • Setelah anda dapat melepas modul tersebut lepaskan socket kabel dari power suplai yaitu tiga kabel berwarna putih dan kabel ini masing-masing adalah tegangan 5 volt , ground dan kabel AC detected.
  • Periksa ketiga kabel tersebut menggunakan multimeter dengan menghidupkan modul dengan tegangan 220 volt.
  • Atur multimeter pada skala tegangan DC periksa tegangan yang keluar dari ketiga kabel tersebut, pastikan ada tegangan yang keluar dari ketiga kabel tersebut yaitu tegangan 5 volt untuk menghidupkan IC program kemudian ground dan tegangan AC detected nya.
  • Jika ketiga kabel tersebut tidak mengeluarkan tegangan dapat di pastikan power suplai mengalami kerusakan.
Cara mengatasi kerusakan pada sirkuit power suplai
  • Periksa jalur PCB pada sirkuit dengan multimeter apakah mengalami kerusakan biasanya jalur mengalami korosi atau terputus di tengah jalan gunakan skala Buser untuk memeriksa jalur-jalur tersebut.
  • Perhatikan komponen yang ada apakah mengalami kerusakan atau tidak komponen yang rusak di tandai dengan adanya fisik yang terbakar atau menggelembung pada fisiknya.
  • Jika terjadi kerusakan pada komponen tertentu segera ganti dengan komponen yang baru ( di toko online banyak tersedia komponen ini ).
  • Komponen yang sering mengalami kerusakan biasanya seperti dioda,elco,IC regulator dan resistor.
  • Setelah di pastikan power suplai normal setelah melakukan penggantian pada komponen yang rusak periksa kembali tegangan yang keluar dan ukur menggunakan multimeter kembali, pastikan tegangan dapat keluar dari sirkuit power suplai.
Solusi lain jika power suplai tidak bisa di perbaiki

Jika power suplai tidak bisa di perbaiki ada cara lain untuk bisa mensuplai tegangan ke modul yaitu dengan merangkai sendiri sebuah adaptor tegangan 5 volt dan AC detect, atau dengan menggunakan charger hp smartphone.

Bahan yang bisa sobat gunakan untuk pembuatan adaptor ini adalah sebagai berikut:
  1. Trafo 500 mA.
  2. Elko 1000 mikro 35 volt.
  3. Elko1000 mikro 25 volt.
  4. Dioda bridge (dioda sisir).
  5. Resistor 1 kilo ohm.
  6. IC regulator 7805.
Cara merangkai sirkuit power suplai




Dengan merangkai semua komponen di atas sobat bisa menghasilkan tegangan 5 volt DC dan tegangan untuk AC detect pada modul mesin cuci Polytron sobat. Untuk cara merangkai komponen-komponen tersebut diatas silahkan simak penjelasan saya di bawah ini! 
  • Siapkan trafo 500 mA dan lakukan penyolderan secara berurutan dari keluaran trafo bertegangan AC 15 volt ke dioda sisir di kedua kutub yang bertanda ~ boleh dipasang terbalik karena ini  tegangan AC.
  • Selanjutnya sambung kan elco 1000 mikro 35 volt pada bagian + ke dioda sisir bagian + dan untuk - di bagian - .
  • Selanjutnya bagian + dari elco di sambung kan ke IC 7805 ke bagian +IC regulator dan - ke bagian IC regulator.
  • Selanjutnya keluaran dari output ic regulator di sambungkan ke elco 1000 mikro 25 volt bagian + Dan bagian - ke - elco 1000 mikro 35 volt 
  • Bagian keluaran elco 1000 mikro 25 volt ini adalah  tegangan 5 volt untuk menghidupkan IC program pada modul mesin cuci. selanjutnya untuk tegangan AC detect kita ambil dari dioda yang bertanda ~ di sambungkan ke resistor 1kili ohm dan ground untuk modul kita ambilkan dari jalur - pada elco.
  • Selanjutnya kita tinggal memutus sambungan power suplai asli nya dan kita sambungkan ke adaptor yang sudah kita buat tadi ya sobat.
  • Pemasangan masing-masing kabel ke modul tidak boleh kebalik ya sobat karena jika kebalik modul tidak akan bisa hidup.
  • Rangkaian power suplai siap di gunakan beserta modul mesin cuci nya.
Ok sobat demikian penjelasan tentang cara perbaikan modul mesin cuci Polytron yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

2 komentar untuk "Perbaikan modul mesin cuci Polytron zero matic mati total"