Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi pompa vakum


Juraganacee.com - Hai sobat! Selamat berjumpa kembali di blog juraganacee.com. Pada kesempatan ini saya berharap sobat pembaca blog ini tetap sehat dan selalu bersemangat untuk menjalani aktifitas seperti biasanya, dan hari ini kita akan sedikit berbagi tentang kegunaan dan manfaat sebuah pompa vakum untuk instalasi mesin pendingin seperti AC, kulkas, frezzer, showcase, dispenser dan yang sejenisnya. Alat pompa vakum ini biasanya di pakai oleh para teknisi atau praktisi pendingin untuk mendapatkan kehampaan udara di dalam sistem pendingin. 

Lihat contoh foto sebuah mesin pompa vakum di bawah ini!

Fungsi pompa vacum


Fungsi pompa vakum 

Fungsi dasar sebuah pompa vakum adalah :

  • Mengosongkan udara atau membuat hampa udara yang berada pada sebuah sistem instalasi mesin pendingin.
  • Menghilangkan kotoran atau debu yang berada pada sistem pendingin.
Bagi seorang teknisi pendingin, pompa vakum merupakan alat yang wajib di miliki karena fungsinya yang sangat penting, tanpa alat ini maka seorang teknisi pendingin tidak bisa membuat hampa udara pada sistem instalasi pendingin dimana kehampaan udara dalam sistem pendingin sangat penting agar dapat menjadikan mesin pendingin dapat bekerja secara maksimal. 

Lalu apa perbedaan dari mesin pompa vakum asli buatan pabrik dengan pompa vakum rakitan sendiri?

Perbedaan pompa vakum asli dengan vakum buatan sendiri dari kompresor bekas:
  1. Vakum asli dari pembuatan pabrik memiliki daya hisap yang lebih baik jika di bandingkan dengan pompa vakum buatan sendiri.
  2. Vakum asli tidak mudah panas saat di gunakan dan bisa menyedot udara secara maksimal.
  3. Vakum asli memiliki indikator sendiri sebagai sensor untuk mengetahui proses vakum itu sudah benar-benar maksimal atau belum.
  4. Vakum asli Lebih awet dan tahan lama.

Pompa vakum yang asli lebih cepat dalam penghisapan udara yang berada pada sistem pendingin terutama jika anda menggunakannya untuk vakum  sebuah instalasi pemipaan AC, jika anda memiliki vakum asli dan buatan sendiri dari kompresor bekas coba bandingkan, yang asli akan lebih cepat dari yang buatan sendiri.


Cara penggunaan pompa vakum untuk instalasi AC :
  • Persiapkan alat ukur tekanan atau analyzer.
  • Pasang lah analyzer yang berwarna biru pada pentil pengisian di outdoor AC.
  • Pasang lah juga analyzer yang berwarna kuning ke mesin pompa vakum.
  • Hidupkan lah mesin pompa vakum.
  • Buka kran analyzer sampai terbuka penuh.
  • Tunggu beberapa menit untuk proses ini dan biarkan jarum pada analyzer sampai menyentuh angka - 30 psi ( sekitar 20 - 30 menit untuk mendapatkan kehampaan udara Sampai maksimal.
  • Tutup analyzer dan diamkan kurang lebih 20 menit semakin lama semakin baik.
  • Jika jarum tidak bergerak dari angka - 30 psi berarti instalasi tidak ada kebocoran.
  • Jika ada kebocoran segera perbaiki kebocoran tersebut dan ulangi lagi proses  seperti cara di atas sampai benar-benar tidak ada kebocoran kembali.
  • Jika tidak ada kebocoran, sistem siap di isi dengan freon sesuai spesifikasi AC.
  • selesai. 
Perlu anda ketahui contoh gambar di atas adalah jenis pompa vakum merk value, jenis mesin vakum ini di bandrol pada harga sekitar 800rb untuk ukuran yang terkecil, sedangkan untuk ukuran yang lebih besar harga yang dibandrol Rp.1200.000. semakin besar ukuranya maka harga akan semakin mahal.

Ok sobatku semua, demikianlah pembahasan kita kali ini, semoga artikel tentang fungsi dan kegunaan vakum ini bermanfaat dan selamat beraktifitas kembali.

Salam dingin.

Posting Komentar untuk "Fungsi pompa vakum"