Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cleaning AC





Juraganacee.com - Apa yang di sebut dengan proses pendinginan AC? Proses pendinginan AC adalah menarik udara yang berada pada ruangan ke dalam unit AC melalui blower indoor dan kemudian dihembuskan kembali oleh blower keluar melewati evaporator dan kembali ke dalam ruangan, proses ini berjalan terus menerus sehingga udara dalam ruangan menjadi lebih dingin.

Dan proses pendinginan ini tentu saja harus melalui dan melewati komponen-komponen yang berada pada unit AC tersebut, penukar kalor yang biasa disebut evaporator menjadi salah satu komponen yang penting dalam proses pendinginan ini, walaupun komponen yang lain juga tidak kalah penting.

Semua komponen yang ada dalam sebuah sistem pendingin terutama pada sebuah AC, menjadi sangat penting semua, karena semua komponen tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lain nya,  disini saya akan membahas tentang bagaimana cara cleaning AC yang baik dan benar menurut juraganacee.com dan mungkin bisa anda praktekan sendiri di rumah anda.

Namun sebelum anda dapat mengerjakan pekerjaan cleaning AC ini, anda harus mempunyai peralatan yang di butuhkan dalam pekerjaan ini, peralatan yang di butuhkan adalah sebagai berikut :

Peralatan yang digunakan untuk cleaning AC. 

  1. Obeng +.
  2. Steam Cleaner beserta perlengkapan nya.
  3. Plastik pembungkus servis  ac.
  4. Bak tempat air. 
  5. Kabel rol.
  6. Kanebo.
  7. Tangga lipat.

Tahapan pelaksanaan cleaning indoor unit AC. 
  • Buka cover/grill AC anda
  • Pasang plastik pembungkus servis AC pada indoor unit.
  • Pasang juga selang pembuangan air pada plastik ac.
  • Siapkan air pada bak penampungan untuk steam cleaner anda.
  • Dan siapkan alat steam cleaner dengan semua peralatannya. 
  • Jika sudah tersedia semua beserta tangga lipat anda, Semprotkan menggunakan nozle  steam Cleaner pada kisi-kisi evaporator dari atas sampai bawah dan menyamping sampai evaporator terlihat bersih dan kotoran benar-benar hilang. 
  • Bersihkan filter indoor Sampai bersih dari debu-debu yang menempel di dalamnya sampai bersih.
  • Dan jangan lupa juga semprotkan ke bagian bawah indoor yaitu blower fan pada indoor unit sampai bersih agar hembusan angin bisa lancar dan berfungsi dengan baik.
  • Jika sudah anda bersihkan semua kemudian lakukan pengeringan menggunakan kanebo agar terlihat kinclong dan bersih.
  • Untuk pencucian indoor sudah selesai sampai pada tahap ini. 
Untuk selanjutnya kita akan beralih ke tahapan cleaning outdoor AC di luar ruangan.

Tahapan pencucian outdoor unit AC. 
  • Persiapkan peralatan seperti pada pencucian indoor unit di atas.
  • Jika peralatan sudah siap semprot kan steam Cleaner pada kisi-kisi kondensor outdoor hingga bersih sampai ke fan outdoor nya.
  • Semprot semua kotoran yang berada pada outdoor unit.
  • Perhatikanlah pada bagian dekat kompresor, anda harus berhati-hati di area ini karena di sini sangat rawan jika terkena percikan air. 
  • Jika sudah selesai dan sudah bersih pada semua kisi-kisi kondensor dan fan outdoor nya berarti cleaning di bagian outdoor unit sudah selesai.
Untuk Semua pekerjaan di atas saya sarankan untuk berhati-hati dalam pengerjaannya karena semua berhubungan dengan keamanan unit AC yang anda miliki, Jika anda tidak berhati-hati atau unit AC terkena percikan air, terutama pada bagian modul AC di indoor unit, akan sangat rawan terjadi kerusakan.

Selain itu pada bagian outdoor pun anda harus berhati-hati terutama AC model inverter, perlu anda ketahui AC inverter di bagian outdoor terdapat rangkaian modul yang berada pada bagian atas dan menempel di bagian atas kompresor, dan ini sangat rawan rusak jika terkena percikan air.

Untuk itu jika di rumah anda menggunakan AC inverter, dan anda ingin bisa mencuci sendiri AC anda, saya sarankan untuk memperhatikan bagian modul yang ada di bagian atas, saat mengarahkan semprotan air jangan mengarah ke atas tetapi lebih baik arahkan steak semprotan ke arah bawah sehingga tidak membahayakan modul tersebut.

Ok sobat! Demikian pembahasan saya kali ini tentang cara cleaning AC yang baik dan benar yang bisa anda praktekan di rumah sendiri, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Salam dingin selalu.

Posting Komentar untuk "Cara cleaning AC "