Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kulkas freon R600a bisakah di ganti dengan R134a

Juraganacee.com - Kulkas yang menggunakan freon R600a bisakah di ganti dengan freon R134a? Pertanyaan seperti ini sering di ajukan oleh para teknisi pendingin terutama para tukang service kulkas. Nah di postingan saya kali ini kita akan membahas tentang hal tersebut.

Jawaban untuk pertanyaan di atas menurut saya pribadi adalah bisa. Tetapi ada beberapa syarat yang harus di lakukan untuk melakukan penggantian freon dari R600 ke freon R134.

Lalu apa syarat-syarat yang harus kalian penuhi untuk mengganti dan melakukan pekerjaan tersebut agar kulkas tetap akan dan awet ke depan nya.

Kulkas r600 dapatkah di ganti dengan freon R134

Syarat nya adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum kita melakukan pengisian freon R134 usahakan oli kompresor kita ganti dengan oli khusus R134. Karena sebelumnya kompresor menggunakan oli khusus RR600 jadi ini wajib di lakukan untuk keamanan kompresor itu sendiri.
  2. Pengisian freon R134 jangan terlalu berlebihan atau kita berpatokan pada ampere kompresor saja usahakan ampere kompresor di kisaran 0,8-0,9 ampere saja. Perhatikan dan amati pergerakan dan kondisi kondensor jika sudah terasa panas hentikan pengisian freon agar kompresor tetap aman.
  3. Perlu di ketahui kompresor dengan freon R600 berkisar di angka 1,0 - 1,1 ampere jadi jangan melebihi angka ini ya sobat.
  4. Tekanan freon tidak bisa menjadi patokan untuk penggantian seperti ini tetapi patokan ampere lebih penting dari pada kita berpatokan pada tekanan freon.
  5. Kulkas wajib di vakum, dan ganti filter dryer.
Itu lah beberapa persyaratan yang harus sobat penuhi agar penggantian freon dari R600 ke R134 aman dan kulkas tetap dingin seperti semula, tetapi menurut saya pribadi penggantian seperti ini sebenarnya tidak perlu kita lakukan karena menurut saya freon R600 itu kan masih banyak di pasaran, jika memang kulkas mengalami kebocoran freon alangkah baiknya kita ganti dengan freon asli nya yaitu R600 bukan malah kita ganti dengan R134 iya kan?

Kecuali jika memang R600 itu tidak ada atau susah mencari gantinya itu akan lain lagi cerita nya iya kan?

Kelemahan penggantian R600 ke R134 jika tidak ganti oli


Jika kita melakukan penggantian freon R600 ke R134 tanpa ganti oli itu akan berakibat pada rusaknya kompresor karena di sebabkan adanya endapan dan korosi pada seker kompresor biasanya akan mudah berkarat dan akan menyebabkan kebuntuan pada sirkulasi freon dalam sistem.

Mengapa ini bisa terjadi? Ya bisa saja karena oli yang di gunakan oleh R600 itu berbeda dengan oli yang di gunakan untuk R134 jadi ini akan berakibat fatal apalagi jika kita mengganti dengan asli nya.


Kesimpulan


Jadi kesimpulan dari penggantian ini adalah boleh saja kita ganti dari R600 ke R134 tetapi harus dengan syarat-syarat yang telah saya sebutkan di atas, tetapi alangkah baiknya jika kita menggantinya dengan bahan yang asli dari pabrik, iyakan itu lebih aman.

Posting Komentar untuk "Kulkas freon R600a bisakah di ganti dengan R134a"