Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AC VRV SISTEM

 AC VRV MENJADI SOLUSI UNTUK PENDINGINAN GEDUNG BERTINGKAT

Juraganacee.com - Di era seperti sekarang ini perkembangan teknologi berkembang begitu cepat, termasuk pengembangan mesin pendingin udara untuk gedung-gedung bertingkat.Salah satunya adalah mesin pendingin yang dinamakan AC VRV SISTEM. YUK! kita bahas tentang ac vrv ini. Sistem VRV atau sering kita sebut (volume refrigeran variabel) ac ini ditemukan di Jepang, pada awal tahun 80-an oleh Daikin, mereka juga dikenal sebagai VRF (aliran refrigeran variabel).Dimana Sistem ini menjadi pilihan utama oleh banyak pengembang dan konsultan di Timur Tengah dalam lima tahun terakhir. Jadi, apa alasan di balik popularitas dari ac sistem VRV?

AC VRV sistem
AC VRV sistem
juraganacee.com


KEUNGGULAN AC VRV SISTEM

Yang menjadi keunggulan atau Fitur utama dari sistem ac VRV ini adalah:

1.Sistem Pusat – Satu Luar Ruangan Banyak di dalam ruangan dengan hanya menggunakan termostat.

2.Konsumsi energi yang sangat terendah.

3.Pemipaan bisa menggunakan Panjang pipa Berjalan.

4.Operasi yang cukup dan lebih efisien.

5.Fitur cerdas dengan integrasi yang mudah ke otomatisasi dalam rumah.

Secara konvensional, sistem DX digunakan di vila dan perumahan, bangunan komersial & perumahan midrise. Sistem DX biasanya mengkonsumsi 1,6-1,8 kW/TR dan pelanggan yang paham teknologi dan sadar saat ini dan meminta sistem yang lebih cerdas dan hemat energi seperti VRV. VRV memiliki 1,18 kw/TR terendah pada kondisi beban puncak dan rata-rata tahunannya adalah 0,7 kw/TR. Ada banyak kasus di mana mengganti dengan VRV telah memotong tagihan energi hingga mencapai setengahnya! Selain itu juga, banyak pembangunan baru di wilayah tersebut yang pada tahap perencanaan dan menggunakan desain infrastruktur telah mengurangi asupan daya dari jaringan sebesar 30% menggunakan sistem VRV.

Pembangunan vila skala besar seperti di hotel dan mall ini menjadi salah satu contoh yang menggunkan sistem VRV ini, dan beberapa contoh desainer terkemuka yang menggunakan VRV sebagai teknologi masa depan dan menghemat beban jaringan listrik yang besar. Daya tarik utama di sektor residensial adalah karena kebisingan yang rendah, fleksibilitas dan desain hemat ruang. Tahukah Anda bahwa jejak kaki VRV hanya 1 m2 untuk sistem 10 TR?

Untuk menggunakan dan desainer yang pertama kali di buat dan dilakukan kita dapat menggunakan keragaman pada sistem DX, yang berarti total unit dalam ruangan hingga 130 TR dapat dihubungkan ke luar ruangan sebesar 100 TR (kapasitas unit luar ruang terdiversifikasi hingga 30% lebih sedikit) jika desain memungkinkan.Hal ini Biasanya, keragaman itu hanya dimungkinkan dalam sistem pusat seperti air dingin, tetapi untuk waktu sekarang ini dimungkinkan dengan DX juga. Poin penting lainnya adalah Waktu Desain. Sistem VRV dengan perangkat lunak dapat menghasilkan skema perpipaan dalam waktu 10% dibandingkan dengan sistem konvensional seperti biasa dengan diagram skematik yang tepat termasuk ukuran pipa. Ini selanjutnya dibantu oleh plugin CAD seperti VRVCAD untuk 2D dan 3D Revit. Berbagai macam objek BIM yang disediakan oleh semua produsen.

Dan meskipun ac VRV dimulai dengan sektor residensial, namun sekarang ini telah berkembang pesat di bangunan komersial dan residensial. Bangunan biasanya lebih banyak membuang energi karena sistem pusat umumnya tidak dikenakan biaya untuk penggunaan energi. Dengan diperkenalkannya pendingin distrik dan meteran BTU, industri telah bergerak untuk mengurangi pemborosan. Namun, tantangan tetap ada, dan di sisi lain, sistem DX untuk sebuah bangunan biasanya akan membuat atap penuh dengan unit outdoor, jumlahnya sekitar ratusan.

VRV menawarkan keunggulan unik untuk bangunan. Ini memiliki tapak terkecil dan lebih sedikit unit outdoor dibandingkan dengan sistem DX, dan pada saat yang sama, ini memungkinkan perancang untuk mempertimbangkan keragaman. Jangkauan perpipaan panjang yang diizinkan dalam sistem VRV (90 meter vertikal + 100 meter horizontal = Total 190 meter) memungkinkan penggunaan VRV di gedung.

Untuk bangunan bertingkat tinggi, pengembang dan desainer kini memiliki pilihan seperti mini VRV pelepasan samping, pemasangan unit luar ruangan di lantai yang sama, atau VRV berpendingin air. Desainer semakin mengambil peluang ini dengan pilihan untuk merencanakan ruang untuk efisiensi. Pengembang dapat menawarkan sistem alternatif selain air dingin di mana tagihan penyewa dan pemeliharaan mandiri dimungkinkan. Di gedung-gedung tinggi, VRF dapat memberikan solusi yang baik sebagai hasil dari kemampuan perpipaan yang panjang, dan kemampuan untuk memisahkan konsumsi listrik untuk multi billing. Unit outdoor dapat dipasang di atap, lantai layanan, tanah atau sisi bangunan di belakang kisi-kisi.

Sistem VRF berpendingin air dapat digunakan di gedung-gedung yang tidak memiliki tempat untuk unit luar ruangan seperti gedung bertingkat kaca karena biasanya terhubung dengan menara pendingin atau sistem panas bumi. Sistem VRF yang dioperasikan dengan tenaga surya sangat tidak praktis di GCC karena konsumsi daya, jam pengoperasian yang lama, persyaratan kapasitas yang besar, dan kebutuhan untuk menyimpan daya untuk pengoperasian di malam hari membuatnya sulit untuk dikelola.

VRF adalah sistem inverter (atau VFD) yang berarti kecepatan kompresor divariasikan untuk memenuhi permintaan beban yang tepat dengan keunggulan tambahan seperti kemampuan memperhitungkan keragaman dan waktu pengoperasian unit dalam ruangan, sehingga mengurangi ukuran unit luar ruangan dibandingkan dengan pengurangan dalam ruangan. tonase dan footprint. Konsultan perlu memperhitungkan FCU/AHU saat menghitung konsumsi daya total pada chiller dan membandingkannya dengan VRF karena biasanya FCUS/AHU tidak diperhitungkan dalam harga chiller atau nilai EER.

Unit VRF sekarang sedang dipertimbangkan untuk aplikasi retrofit karena fleksibilitas dan kemudahan pemasangannya. Umumnya, pada aplikasi retrofit,namun sekarang ini terkadang dengan beban pendinginan meningkat tetapi tidak tersedia daya listrik tambahan. Dengan sistem hemat energi seperti VRV, masalah ini mudah dipecahkan. Selain itu, ROI 3-4 tahun menjadikan VRV sebagai pilihan populer untuk dipertimbangkan untuk aplikasi retrofit.

AC surya sedang diperdebatkan untuk waktu yang lama. Namun, ada produsen surya dan produsen AC yang hebat, jadi cara terbaik untuk mendapatkan keuntungan maksimal adalah dengan berkolaborasi dan memilih yang terbaik dari kedua dunia dan menggunakan tenaga surya untuk menghasilkan listrik gratis. Industri ini lebih melihat ke arah Net Zero Energy Building menggunakan tenaga surya dan VRV sebagai komponen. Ini karena fakta bahwa pendinginan malam tetap menjadi masalah.

Ini juga didorong oleh keandalan operasi VRV yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem DX. Sistem ac VRV ini setelah diinstal dan digunakan dengan benar hanya memerlukan sedikit perawatan dan di dunia IOT dan data besar saat ini, perusahaan seperti Daikin menawarkan layanan yang mengumpulkan data harian operasi untuk setiap sistem VRV pada 123 parameter melalui server nasional di Jepang. Data ini diproses dan cenderung terhadap kurva operasi yang ideal. Dengan data ini, untuk pertama kalinya di industri kegagalan komponen dapat diprediksi sebelumnya! Sistem terus-menerus dipantau dan diukur pada komponen yang berbeda dan jika mereka mulai menyimpang dari operasi normal, diperkirakan bahwa mereka dapat rusak jika penyimpangan berlanjut dan mengirim pesan ke pemilik atau tim layanan untuk pergi dan memeriksa kemungkinan masalah dan memperbaiki masalah.

SISTEM VRV LEBIH PINTAR

Sistem VRV lebih pintar dalam memanfaatkan perubahan suhu sekitar. Saat suhu sekitar turun 5 derajat (dari 46 derajat C menjadi 41 derajat C pada hari musim panas di malam hari),dan beban pada sistem berkurang dan SMART VRV meningkatkan suhu penguapan sehingga kita mendapatkan pendinginan pada waktu yang sama tetapi dengan lebih sedikit pendingin. Inovasi terbaru ini hanya menghemat lebih dari 28% energi dibandingkan VRV biasa.

KONTROL SISTEM VRV

Sistem VRF dapat dihubungkan ke sistem cloud untuk sebagian besar merek untuk kontrol, pemantauan, dan manajemen energi. Antarmuka BMS atau otomasi rumah tersedia, dan integrasi sangat mudah.ini terjadi dalam banyak kasus,di mana 70% dari biaya BMS terkait dengan AC dan dengan VRV ini semua komponen biasanya terpasang.Dan biaya BMS ini dapat dikurangi sampai dengan hingga 50%.Banyak Produsen yang menawarkan sistem mini BMS; Sistem kontrol pusat ac VRV dapat berkomunikasi dan mengontrol sistem lain nya seperti pompa, kipas, CCTV, lift, sirkuit penerangan, dan lain-lain.Dengan Sistem otomasi rumah berdasarkan KNX, MODBUS, BACnet atau lainnya telah berhasil bekerja di banyak proyek besar dan termostat tradisional menjadi cerita, dan telah digantikan oleh layar sentuh otomatisasi rumah. Jadi dengan ini apakah Anda sudah siap untuk menjadikan masa depan dengan teknologi super canggih yang di sebut dengan teknologi VRV ini?


Posting Komentar untuk "AC VRV SISTEM"