Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab air dispenser Sanken tidak panas

Juraganace.com - Ada beberapa penyebab air dispenser merk Sanken tidak bisa panas, salah satunya adalah dari rusaknya beberapa komponen yang ada pada dispenser tersebut.

Dispenser tidak panas

Komponen yang sering mengalami kerusakan

Komponen yang sering sekali mengalami kerusakan diantara nya adalah sebagai berikut: 

  • Thermodis.
  • Heater pemanas.
  • Modul dispenser.
  • Relay.
  • Transistor.
Dari ke 4 komponen ini jika salah satu atau lebih mengalami kerusakan maka dispenser tersebut akan mengalami gangguan, gangguan tersebut yaitu air panas akan tidak bisa keluar atau hanya keluar air biasa saja.

Dalam beberapa kasus dan saya sering menemukan komponen yang paling sering mengalami kerusakan adalah sensor panas atau thermodis nya rusak, dan untuk solusi dari kerusakan ini sobat hanya perlu mengganti komponen ini dengan thermodis yang baru.

Tetapi dalam kasus yang lain bisa saja bukan komponen ini yang rusak melain kan heater yang rusak atau relay yang rusak sehingga harus di cek untuk mengetahui lebih lanjut.

Kerusakan pada heater


Jika kerusakan ada pada heater pemanas solusinya adalah dengan mengganti heater tersebut dengan yang baru, heater banyak tersedia di toko-toko elektronik atau spare part mesin pemanas.

Kerusakan pada thermodis


Kemudian jika thermodis yang rusak kita juga tinggal menggantinya dengan yang baru, sensor ini banyak tersedia di toko-toko AC atau mesin cuci.

Kerusakan pada relay


Salah satu kerusakan yang sedikit agak sulit adalah jika relay atau transistor rusak, hal ini harus kita pahami tentang cara perbaikannya, karena diperlukan ketelitian dan pengertian tentang modul dispenser tersebut.

Solusi perbaikannya


Solusi untuk perbaikan dispenser seperti ini ada 2 cara, yang pertama adalah dengan mengganti relay atau relay tidak di fungsikan sebagai mana mestinya atau relay tidak digunakan sehingga arus langsung masuk ke heater pemanas.

Perhatikan kabel keluaran dari modul yang menuju ke heater pemanas, kita putus saja dan kita jumper langsung ke arus listrik sehingga kabel tersebut tidak lagi tergantung dengan hidupnya relay, karena relay rusak. 

Lalu bagaimana solusi ini, amankah untuk dispenser kita?

Ya, aman karena pengaman nya masih ada sensor panas yang ada pada tabung pemanas, jika tabung sudah terasa panas maka sensor tersebut lah yang akan memutus arus yang menuju ke heater pemanas, dan ini aman karena saya sering menggunakan metode ini jika kasus nya sama seperti yang telah kita singgung di atas.

Semoga bermanfaat!






2 komentar untuk "Penyebab air dispenser Sanken tidak panas"

  1. Saya punya dispenser merek Sanken kasusnya sama air tidak panas tapi pas saya jamper airnya panas
    Apakah berpengaruh sama PCB nya bila saya jamper?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa aman. Karena saya sdh menggunakan metode itu berkali-kali dan pcb aman

      Hapus