Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sensor pelampung motor drain AC casset daikin

Juraganacee.com - fungsi sensor pelampung motor drain AC casset daikin adalah sebagai sensor yang bertugas memberi sinyal ke bagian modul untuk memerintahkan motor drain berputar atau berhenti beroperasi.

Sensor pelampung motor drain AC casset daikin

Posisi sensor pelampung

Pelampung ini akan bergerak naik atau turun bersama kondisi air yang ada pada bak penampungan air AC yang di hasilkan di dari kondensasi evaporator di indoor unit.

Jika pelampung ini mengalami kerusakan maka modul AC tidak akan memberi perintah ke motor drain dan akibatnya AC akan mengalami eror atau berhenti beroperasi.

Kode eror yang muncul jika pelampung rusak

Kode eror yang akan muncul biasanya A3, yang merupakan tanda adanya kerusakan pada instalasi pembuangan air.

Kode seperti ini menandakan adanya gejala kerusakan seperti rusaknya motor drain, pelampung sensor, jalur air mampet atau kotor.

Jika pelampung sensor ini mengalami kerusakan maka kita wajib menggantinya dengan yang baru selama komponen ini tidak bisa di perbaiki, karena akan sangat sulit memperbaikinya kecuali jika kerusakan hanya di sebabkan karena kotor, jika hanya karena kotor kita masih bisa membersihkannya tetapi jika karena rusak karena putus atau magnet rusak maka wajib ganti dengan yang baru.

Beberapa waktu yang lalu saya juga baru saja mengganti sebuah sensor pelampung pada AC casset daikin, dan kerusakan di sebabkan karena sensor sudah tidak konek lagi atau putus, sehingga setelah saya ganti dengan yang baru maka AC berfungsi normal kembali.

Cara cek sensor pelampung AC casset daikin

Untuk cara pengecekannya sangat mudah dan gampang yaitu dengan menggunakan multitester, arahkan knop multitester pada skala buzer!

Lepaskan sensor terlebih dahulu dari socketnya, posisikan pelampung pada posisi di bawah dan ukur probe merah dan hitam pada kedua kabel dari sensor tersebut, dalam posisi seperti ini pelampung harus dalam keadaan tersambung atau terdengar bunyi beep pada multitester, kemudian angkat pelampung dalam posisi di atas dan multitester harus dalam kondisi putus atau bunyi beep hilang atau tidak terdengar lagi, ini artinya sensor pelampung dalam kondisi baik dan normal.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Sensor pelampung motor drain AC casset daikin"