Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbaikan dispenser system freon tidak dingin indikator kedip kedip

 Juraganacee.com - Kali ini saya akan membahas tentang dispenser system freon yang tidak dingin dan indikator kedip-kedip, biasanya jika dispenser mengalami kendala seperti ini air di bagian cool malah menjadi anget dan air bagian temperatur biasa pun juga anget.


Perlu kita ketahui dispenser seperti ini biasanya galon berada di bawah atau menggunakan motor pump untuk menaikan air ke bak penampungan bagian atas, dan air tersebut akan di olah menggunakan kompresor untuk menghasilkan air dingin dan heater untuk menghasilkan air panas nya.


Untuk kasus dispenser system freon tidak dingin seperti ini yang harus di cek antara lain:

  • Modul.
  • Kompresor.
  • Sensor pendingin.
Dari ketiga komponen tersebut kita cek satu persatu apakah dalam kondisi baik atau rusak, langkah awal untuk perbaikan adalah sebagai berikut.

Langkah perbaikan

Kita buka tutup dispenser bagian belakang dan bagian atas dari dispenser, setelah kita buka coba kita hidupkan mesin perhatikan bagian pompa apakah bisa hidup untuk menaikan air ke dalam bak penampungan atau tidak? Jika hidup normal, kita lanjut pemeriksaan ke bagian kompresor, perhatikan apakah kompresor berjalan atau tidak? Jika tidak berjalan kita cek kompresor menggunakan multi meter, periksa lilitan kompresor apakah nilai tahanan normal atau tidak jika normal kita lanjut ke pemeriksaan bagian sensor pendingin yaitu letaknya di bagian bawah penampungan air atau di dalam gabus steroform.

Biasanya kerusakan dispenser yang tidak bisa dingin airnya di sebabkan oleh rusaknya sensor pendingin ini, ukur sensor pendingin ini menggunakan multi meter jika tidak normal ganti sensor ini dengan sensor yang baru.

Part sensor dispenser ini bisa kita beli di toko online atau kita bisa menggantinya dengan sensor untuk AC ruang tetapi tidak semua sensor AC bisa di gunakan, tetapi jika anda mempunyai sensor pendingin merk AC Samsung itu bisa di gunakan untuk mengganti sensor pendingin untuk dispenser ini, karena saya sudah sering mengganti dengan merk tersebut.

Tetapi jika anda ragu, ganti saja menggunakan sensor asli dari pabrik dispenser tersebut sesuaikan saja sensor nya dengan yang akan anda beli nantinya.

Jika anda sudah ganti sensor tersebut kemudian pasangkan dan letakan di tempat semula agar sensor tersebut dapat bekerja secara normal, karena jika salah pemasangan akan mengakibatkan sensor tidak bekerja secara normal dan dispenser tidak akan bisa dingin kembali.

Semoga bermanfaat.


2 komentar untuk "Perbaikan dispenser system freon tidak dingin indikator kedip kedip"

  1. Dispenser galon bawah saya yg dingin nya kedip2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang bermasalah,,, bisa di sebabkan air dingin nya tidak berfungsi dengan baik.. Makanya indikator lampu berkedip kedip

      Hapus