Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motor drain AC casset panasonic

Juraganacee.com - motor drain AC casset panasonic menggunakan motor 220v dan di lengkapi dengan sensor pelampung float switch, di sini kita membahas tentang motor drain yang di gunakan untuk AC merk panasonic 4 PK.

Perbaikan motor drain

Beberapa waktu yang lalu saya baru saja mendapati perbaikan AC casset yang mengalami eror pada sistem pembuangan air di sebuah AC casset merk panasonic ini.

Ternyata setelah di cek motor drain nya normal, itu bisa di ketahui setelah saya mencoba menghidupkan motor dengan mencolokkan langsung pada tegangan listrik 220v, dan saya tes dengan menggunakan air yang saya isikan di bak penampungan dan air dapat berjalan normal.

Dengan kondisi seperti ini berarti motor drain dalam kondisi normal.

Pengecekan float switch

Dan untuk pengecekan float sensor atau sensor pelampung didalam bak penampungan air di AC casset panasonic ini masih sama seperti AC casset lainnya, yaitu dengan menggunakan multitester, ukur resistensi dari sensor tersebut, biasanya sensor ini terukur pada 1,4-1,6 ohm dan motor drain di angka 250-390 ohm.

Motor drain panasonic

Jika terukur melebihi atau kurang dari resistensi tersebut biasanya komponen mengalami short atau rusak sehingga harus di lakukan penggantian dengan komponen yang baru.

Selain itu jika AC mengalami indikasi kerusakan pada sistem pembuangan air ini kita juga harus memeriksa di bagian jalur pipa pembuangan, karena tempat ini jika bisa menjadi penyebab eror nya motor drain ini.

Solusi jalur pembuangan air

Pastikan semua jalur pembuangan air lancar dan tidak tersumbat sehingga air lancar dan tidak mengalami kebuntuan.

Semoga bermanfaat!


Posting Komentar untuk "Motor drain AC casset panasonic"