Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri pipa kapiler buntu pada kulkas

 Juraganacee.com - bagian pipa kapiler  kulkas jika mengalami kebuntuan total, maka kerja kompresor akan menjadi sangat terganggu, siklus refrigerant akan terhenti pada sisi tekanan tinggi dan menumpuk pada kondensor.

Pipa kapiler buntu

Ciri-ciri pipa kapiler buntu

Jika pipa kapiler mengalami kebuntuan maka kulkas akan mengalami over heat dan hal ini akan menyebabkan tekanan pada kondensor sangat tinggi, sehingga kerja kompresor menjadi sangat berat di sebabkan sirkulasi refrigerant tidak lancar, dan konsumsi daya listrik juga akan semakin meningkat jika dibandingkan dengan sistem normal.

Dari situasi seperti ini keadaan overload akan menjadi sangat panas dan kontak overload akan terbuka dan saat kondisi lebih dingin overload akan terhubung kembali, dan ini berlangsung secara terus menerus.

Lalu bagaimana jika pipa kapiler buntu hanya sebagian saja?

Jika pipa kapiler ini buntu sebagian saja maka yang akan terjadi adalah hampir sama dengan kebuntuan total namun perbedaan nya adalah terbukanya overload pada saat kebuntuan sebagian akan menjadi semakin lama.

Disebabkan karena refrigerant masih bisa mengalir sehingga overload juga akan semakin lama terbukanya.

Solusi untuk perbaikan nya

Untuk solusi dari kondisi seperti ini, kita harus membongkar pipa kapiler dari sistem kemudian kita bersihkan sampai jalur pipa kapiler ini bersih dari kotoran dan benar-benar aman dari kebuntuan.

Apakah filter juga harus di ganti?

Untuk keamanan dan keberhasilan dalam perbaikan dan supaya tidak kerja dua kali sebaiknya filter dryer juga harus di ganti dengan yang baru agar supaya laju refrigerant dalam sistem bisa berjalan normal.

Perlu kawan-kawan ketahui saat penyambungan las saat penyambungan pipa kapiler dan filter drier, usahakan di lakukan dengan hati-hati agar tidak menimbul kerak yang berlebihan pada pipa, karena jika ini terjadi dan kerak hasil pengelasan bisa masuk ke sistem dan bisa menyebabkan kebuntuan pada pipa kapiler.

Oleh sebab itu pengerjaan perbaikan kulkas yang mengalami kebuntuan pada pipa kapiler harus di kerjakan secara teliti dan benar.

Semoga bermanfaat!




Posting Komentar untuk "Ciri pipa kapiler buntu pada kulkas"